Wed. Jul 17th, 2019

Bulan Depan 12 Rute Luar Jawa di Bandung Akan Pindah ke Kertajati

Armada pesawat maskapai Citilink Indonesia di apron BJIB Kertajati. Foto: Reni Rohmawati

Armada pesawat maskapai Citilink Indonesia di apron BIJB Kertajati. Sumber gambar: Reni Rohmawati

Angkasa Pura II (AP II) memastikan akan ada 12 rute penerbangan luar Jawa di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung akan dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati.

Pemindahan sebagian rute domestik ini dari Bandung ke Kertajati berdasarkan hasil keputusan rapat antara perseroan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman di Jakarta, Kamis (16/5/2019) pagi.

Kepada IndoAviation Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin menyebutkan bahwa pemindahan sebagian rute tersebut akan diberlakukan mulai 15 Juni 2019.

“Tadi pagi kita rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan sudah ada keputusan bahwa Bandara Kertajati, salah satunya yang akan kita lakukan adalah memindahkan sebagian traffic di Bandung (Bandara Husein Sastranegara) per 15 Juni nanti ke Kertajati,” kata Awaluddin, Kamis petang.

“15 Juni adalah tahapan pertama kita akan memindahkan sebagian traffic ke Kertajati dari Husein Sastranegara, Bandung. Yang kita akan prioritaskan adalah (penerbangan) domestik yang ke luar Jawa. Ada kurang lebih 12 destinasi.”

Dengan demikian, rute penerbangan yang tersisa di Bandung hanya penerbangan dalam Jawa dan internasional.

“Sisanya nanti di Husein Sastranegara adalah (penerbangan) domestik dalam Jawa dan internasional. Jadi sementara yang internasional belum di Kertajati, masih di Husein Sastranegara,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan, penerbangan domestik dalam Jawa di Bandara Husein Sastranegara nantinya hanya akan dilayani dengan pesawat propeller atau bermesin baling-baling.

“Sampai nanti solusi terhadap aksesibilitas tol Cisumdawu selesai, kita akan memindahkan semuanya ke Kertajati dan Husein Sastranegara akan tetap diposisikan sebagai basis pesawat non-jet (propeller). Nanti akan kita fungsikan untuk berbagai rute penerbangan yang memang sebagian besar sudah pindah ke Kertajati,” tutupnya.

Baca juga ini ya...