BSVT Luncurkan Berserk, Wahana Darat Tak Berawak Penempur




tak berawak
UGV Berserk yang dibekali minigun empat laras kaliber 7,62 mm. Foto: BVST.

Perusahaan pertahanan asal Belarusia, Belspetsvneshtechnika (BSVT) dengan bangga mendemonstrasikan prototipe kendaraan darat tak berawak (UGV) Centaur di pusat pelatihan darat Angkatan Udara dan Pertahanan Udara pada awal Oktober lalu.

Mengkutip janes.com (12/11/2018), wahana beroda rantai dan dibekali persenjataan tersebut merupakan prototipe versi siap produksi. Perusahaan penyebut UGV tersebut dengan nama Sistem Robotisasi Swagerak ‘Berserk’ (Self-Propelled robotized System ‘Berserk’).

Berserk dapat beroperasi secara individual maupun diprogram untuk dapat bekerja sebagai bagian dari tim. Wahana ini mampu melakukan patroli selama 24 jam serta secara otomatis robot tempur ini mendeteksi dan melacak objek-objek yang menarik perhatian.

UGV Centaur ini dilengkapi dengan empat kamera, terdiri dari dua kamera berwarna dan dua kamera termal (thermal imagers/TI) untuk pengoperasian siang maupun malam. Roda rantainya didesain untuk bisa melintasi berbagai jenis medan dengan kecepatan hingga5 km/jam.

Berserk memiliki dudukan senjata berukuran kecil (remote weapon station/RWS) yang kompatibel dengan sepasang GShG Miniguns empat laras berkaiber 7,62 mm. Senjata tersebut dapat menargetkan dua sasaran udara yang bergerak dengan kecepatan hingga 300 km/jam pada jarak 1 km (efektif).

RWS dapat berputar 360o (azimuth) dengan elevasi -5 hingga 50o. senjata ini digadang dapat memuntahkan munisi dengan kecepatan 850 m/jam.

Sistem pandu targetnya terdiri dari dua layar pencahayaan siang dan dua pencitraan termal yang memungkinkan operatornya untuk mengidentifikasi objek seukuran manusia pada jarak 2 km, kendaraan lapis baja pada jarak 6 km dan helikopter hingga 10 km. target dapat dideteksi, diidentifikasi dan dipilih dengan analisis jaringan saraf.




Ayo baca ini juga….