Boeing Keluarkan Peringatan Bagi Operator B737 MAX 8




Boeing 737 MAX 9 Lion Air. Foto: Boeing.

Boeing keluarkan peringatan berupa Manual Bulletin (MB) bagi para operator Boeing 737 MAX 8 di seluruh dunia. Peringatan ini berisi adanya  kesalahan pembacaan dari sistem pemantauan penerbangan yang dapat menyebabkan pesawat tiba-tiba menukik dan kehilangan ketinggian. Peringatan ini dikeluarkan berdasarkan pada temuan awal dari kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP tanggal 29 Oktober 2018 lalu.

Disebutkan dalam MB itu, ketika penerbangan dalam kondisi manual, sistem pesawat dapat secara tiba-tiba mengubah sudut terbang pesawat dan menukikkan hidung pesawat akibat kesalahan pengolahan data. Kekeliruan itu sementara ini dapat diantisipasi dengan mengaktifkan electric stabilizer trim, namun pilot pun harus tetap waspada.

Boeing 737 MAX 8 SB
Manual buletin Boeing 737 MAX 8 bagi operator.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Pramintohadi Sukarno mengatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi dari Boeing  tentang telah diterbitkannya Flight Crew Operating Manual Bulletin (FCOM). FCOM ini berisi tindakan yang harus dilakukan oleh pilot saat mengalami kondisi tertentu yang diduga disebabkan adanya erroneous input pada Angle of Attack Censor.

Pramintohadi menjelaskan bahwa dalam FCOM tersebut memang didasari oleh data-data yang diperoleh dari investigasi yang dilakukan oleh KNKT (Komisi Nasional Keselamatan Transportasi) dimana NTSB Amerika Serikat dan Boeing juga terlibat di dalamnya. Pramintohadi juga menjelaskan bahwa sehari sebelumnya Ditjen Perhubungan Udara telah berkomunikasi dengan perwakilan FAA di Singapura terkait dengan rencana penerbitan FCOM ini.

Kata FAA, daat ini ada 246 pesawat Boeing 737 MAX  beroperasi di seluruh dunia, 45 di Amerika, dan 11 di antaranya beroperasi di Indonesia. Hingga kini belum ditemukan penyebab utama kecelakaan PK-LQP, namun dugaan awal mengarah kepada adanya kesalahan sistem pengolahan data kecepatan yang berujung pada kekeliruan sistem pesawat.

 

 




Ayo baca ini juga….