Bersih Narkoba Lewat Lari Santai Ala Pilot




Ikatan Pilot Indonesia (IPI) mengajak PT Angkasa Pura (AP) I dan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk bersih-bersih dari narkoba. Caranya adalah dengan mengadakan acara IPI Fun Run & Walk 5K 2018, yaitu kegiatan lari dan jalan santai sejauh 5 kilometer di Jakarta pada 23 September 2018.

“Ada dua misi yang ingin kami usung dalam kegiatan ini. Pertama, edukasi tentang safety penerbangan karena masyarakat banyak yang kurang mengerti betapa pentingnya keselamatan penerbangan. Kedua, kami ingin dunia penerbangan bebas narkoba. Bagaimana kami membasmi narkoba di kalangan kami khususnya, dan masyarakat umumnya,” kata Capt Koko Indra Perdana, Ketua Panitia IPI Fun Run & Walk 5K 2018 dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Kegiatan lari dan jalan santai ini ternyata mengundang antusiasme peminat. Kuota peserta 1.000 orang terlampaui, walaupun panitia tetap membatasinya sejumlah itu. Pelaksanaannya besok akan dimulai pukul 06.00 dari area depan FX Senayan melintasi jalan Sudirman sampai Semanggi, kemudian balik arah sampai Ratu Plaza dan kembali ke FX. Peserta dari kalangan umum yang paling banyak, sementara pilotnya minim.

Member IPI yang sekitar 3.500 pilot tahu ada kegiatan yang terbuka untuk umum ini. Namun pilot yang hadir 10%-nya saja sudah hebat. Kali ini, 95% pesertanya kalangan umum,” kata Koko, yang mengatakan bahwa setelah 3 tahun IPI berdiri baru kali ini diselenggarakan kegiatan lari dan jalan santai yang melibatkan 1.000 peserta.

Pada kesempatan itu, Direktur SDM dan Umum PT AP I, Adi Nugroho mengatakan, pihaknya juga akan mengampanyekan pentingnya 3S+1C atau safety security services dan compliance di dunia penerbangan. Di sisi lain, AP I sangat mendukung kegiatan yang misinya mengampanyekan antinarkoba. AP I juga secara berkala melakukan tes urine pada seluruh karyawannya.

Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN Dunan Ismail Isja menyambut baik kegiatan yang digalang IPI dan AP I itu. “Kegiatan ini merupakan implementasi dari pemberdayaan masyarakat untuk bersih-bersih narkoba. Kita gak bisa apa-apa kalau tanpa bantuan masyarakat untuk memberantas narkoba,” ujarnya.

Koko pun mengatakan, bersama dengan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU), para pilot melakukan aksi perang melawan narkoba. Berbagai kegiatan pun dilakukan untuk terus mengampanyekan dan mengingatkan insan penerbangan, khususnya para pilot, agar jangan coba-coba narkoba. “Apa pun judulnya, say no to drug,” ujarnya.