Pembacaan Naskah Berita

mentor

Pembacaan Naskah Berita merupakan salah satu aspek penting dalam penyampaian informasi kepada masyarakat. Seorang pembaca berita dituntut untuk mampu membacakan naskah dengan jelas, tepat, dan menarik.

Namun, dalam praktiknya, masih terdapat kesalahan yang sering dilakukan oleh pembaca berita, salah satunya adalah penggunaan mimik yang berlebihan. Mimik yang berlebihan dapat mengalihkan perhatian penonton dari isi berita dan justru mengurangi kredibilitas pembaca berita.

Penggunaan Mimik yang Berlebihan sebagai Pembacaan Naskah Berita yang Tidak Tepat

Pembacaan Naskah Berita

Penggunaan mimik yang berlebihan dalam pembacaan naskah berita tidaklah tepat karena beberapa alasan:

  • Mengalihkan Perhatian Penonton: Mimik yang berlebihan dapat menarik perhatian penonton, namun tidak pada isi berita yang disampaikan. Hal ini dapat mengganggu konsentrasi penonton dan membuat mereka kehilangan fokus pada informasi yang penting.
  • Mengurangi Kredibilitas: Pembaca berita yang menggunakan mimik berlebihan seringkali terlihat tidak profesional dan kurang kredibel. Penonton akan cenderung meragukan kebenaran informasi yang disampaikan karena merasa terganggu oleh ekspresi yang berlebihan.

Pilihan Jawaban yang Benar

Berdasarkan pilihan jawaban yang diberikan, pilihan yang benar adalah:

  • A. Penggunaan mimik yang berlebihan

Sementara pilihan jawaban lainnya merupakan cara pembacaan naskah berita yang tepat:

  • B. Membaca naskah berita dengan jelas
  • C. Menggunakan tekanan yang tepat
  • D. Tatapan mata lurus ke depan

Teknik Vokal dan Artikulasi dalam Pembacaan Naskah Berita

Pembacaan Naskah Berita

Selain menghindari penggunaan mimik yang berlebihan, pembaca berita juga harus memperhatikan teknik vokal dan artikulasi yang baik. Teknik vokal yang tepat meliputi:

  • Intonasi: Penekanan dan tinggi rendah suara yang tepat untuk menyampaikan makna berita.
  • Artikulasi: Pengucapan kata yang jelas dan tepat agar mudah dipahami.
  • Volume: Penyesuaian volume suara sesuai dengan situasi dan kondisi.
Baca Juga :  Kenyamanan Benda Kerajinan

Kesimpulan

Pembacaan Naskah Berita yang tepat sangat penting untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat secara efektif. Penggunaan mimik yang berlebihan merupakan salah satu kesalahan yang harus dihindari karena dapat mengalihkan perhatian penonton dan mengurangi kredibilitas pembaca berita. Dengan memperhatikan teknik vokal dan artikulasi yang baik, pembaca berita dapat membacakan naskah dengan jelas, tepat, dan menarik.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags