Demokrasi Pancasila

mentor

Demokrasi Pancasila merupakan sistem pemerintahan yang dianut oleh bangsa Indonesia. Sistem ini didasarkan pada nilai-nilai luhur yang tercantum dalam Pancasila, ideologi bangsa Indonesia.

Nilai-nilai demokrasi Pancasila menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai tersebut meliputi pengakuan terhadap perbedaan pendapat, menjunjung persatuan dan kesatuan, mengutamakan musyawarah mufakat, serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Nilai-Nilai Demokrasi Pancasila

Demokrasi Pancasila terbaru

Mengakui Perbedaan Pendapat

Demokrasi Pancasila mengakui bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk berpendapat dan mengungkapkan pandangannya. Hal ini menjadi dasar bagi kebebasan berpendapat dan kebebasan pers yang dijamin oleh undang-undang.

Menjunjung Nilai Persatuan dan Kesatuan

Nilai persatuan dan kesatuan menjadi pilar utama dalam demokrasi Pancasila. Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, dan budaya. Nilai persatuan dan kesatuan menjaga keutuhan dan harmoni di tengah keberagaman tersebut.

Mengutamakan Musyawarah Mufakat

Musyawarah mufakat merupakan cara pengambilan keputusan dalam demokrasi Pancasila. Keputusan diambil melalui perundingan dan kesepakatan bersama. Hal ini mencerminkan nilai kebersamaan dan gotong royong dalam masyarakat Indonesia.

Menjunjung Tinggi Nilai Kemanusiaan

Nilai kemanusiaan menjadi landasan bagi penghormatan terhadap hak asasi manusia. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlakuan yang adil dan bermartabat tanpa memandang suku, agama, atau status sosial.

Pengecualian Nilai Demokrasi Pancasila

demokrasi prinsip pancasila pilar freedomnesia sepuluh menerapkan indonesia jadi selain bersifat universal

Memberikan Kebebasan Individu Demi Tegaknya Hak Asasi Manusia

Nilai ini tidak termasuk dalam demokrasi Pancasila karena bertentangan dengan prinsip musyawarah mufakat. Kebebasan individu harus dibatasi oleh norma dan nilai-nilai sosial agar tidak merugikan kepentingan bersama.

Baca Juga :  Tindakan Makhluk Sosial

Prinsip Demokrasi Pancasila

PrinsipPenjelasan
Kedaulatan rakyatKekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.
Negara hukumSetiap warga negara dan penyelenggara negara tunduk pada hukum.
Pembagian kekuasaanKekuasaan negara dibagi menjadi tiga lembaga: eksekutif, legislatif, dan yudikatif.
Persamaan kedudukan di hadapan hukumSemua warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama di hadapan hukum.
Pengakuan hak asasi manusiaSetiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan dan penghormatan atas hak asasi manusianya.

Kesimpulan

Demokrasi Pancasila merupakan sistem pemerintahan yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai tersebut menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menciptakan masyarakat yang adil, makmur, dan harmonis. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi Pancasila, bangsa Indonesia dapat terus menjaga persatuan dan kesatuan serta membangun negara yang lebih baik.

Artikel Terkait

Bagikan:

mentor

Saya adalah seorang penulis yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Hobi saya menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman yang membaca artikel saya.

Tags