Sun. Apr 21st, 2019

Bandara Baru di Kulon Progo Diuji Coba Pekan Depan

Proyek pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (NYIA) di Kulon Progo. Sumber gambar: AP I.

Angkasa Pura I merencanakan akan melakukan uji coba minimum operasi bandara baru di Kulon Progo pada 26 April mendatang. Maskapai pertama yang akan menjajal landasan bandara ini adalah Garuda Indonesia.

“Tanggal 26 April nanti kita akan uji coba seluruh komponen. Insya Allah Garuda akan melakukan penerbangan simulasi, uji coba pendaratan di bandara Kulon Progo,” kata juru bicara proyek bandara tersebut, Agus Pandu Purnama di lokasi proyek bandara, Senin (15/4/2019), seperti dinukil detik.com.

Bukan hanya sisi udara yang diuji coba, fasilitas pendukung untuk aksesibilitas penumpang ked an dari bandara juga akan diujicobakan. Di antaranya adalah kereta api dan bus Damri.

“Kereta api nanti coba berhenti di Stasiun Wojo, membawa penumpang. Nanti Damri bawa penumpang dari stasiun ke bandara, lakukan check in, boarding, sampai mereka masuk pesawat. Jadi kita juga akan timing,” papar Pandu yang juga menjabat General Manager AP I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Kemarin (Seninn, 15/4/2019), AP I menggelar simulasi penanganan jika terjadi keadaan darurat. Simulasi ini diikuti sekitar 200 orang dari berbagai unsur terkait, yang menjalankan operasional bandara.

Senin pekan depan (22/4/2019) akan digelar pertemuan dengan seluruh maskapai membahas untuk assessment keamanan dan keselamatan penerbangan.

Project Manager Bandara Kulon Progo, Taochid Purnomo Hadi menambahkan, sejauh ini progres pengerjaan proyek untuk minimum operasi mencapai 97%. Dia menyebutkan, untuk sisi udara sudah selesai 100%.

“Uji coba ini untuk penerbangan internasional, tinggal pengujian-pengujiannya. Tanggal 26 akan uji coba takeoff-landing, air side sudah 100 persen, garbarata juga mau kita mintakan sertifikasinya. Kereta api juga sudah koordinasi, Damri juga, tinggal nanti di 26 itu main semua, kita akan umumkan sampai berapa waktu, kita timing waktu dari Yogya ke bandara Kulon Progo,” urainya.

Baca juga ini ya...