Awal Januari 2019 PT KAI Hadirkan Lagi 6 Kereta Sleeper




kereta sleeper
Desain interior gerbong kereta kelas sleeper PT KAI. Foto: Okezone

Pada awal Januari 2019, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menghadirkan lagi enam kereta Sleeper untuk beberapa destinasi. Hal tesebut diungkapkan VP Pemasaran Penumpang PT KAI, Raden Agus Dwinanto Budiaji Jum’at (16/11/2018) pagi di Jakarta.

Kereta sleeper merupakan gerbong kelas luxury, yang paling tinggi di atas kelas eksekutif. Soal harga tiket dan fitur jauh berbeda dengan kelas-kelas lainnya, dan kualitas layanannya pun premium.

kereta sleeper
VP Pemasaran Penumpang PT KAI, Raden Agus Dwinanto Budiaji. Foto Ery.

“Rencana di tahun depan, awal Januari kita mendatangkan enam kereta jenis baru lagi, enam unit kereta sleeper dengan model yang lebih simpel dan tidak terlalu ribet. Kereta sleeper yang sekarang ini 18 seat, kita naikan jadi 26 seat,” tutur Boby, sapaan akrabnya.

Enam unit kereta terbaru itu dipesan PT KAI dari produsen kereta di Tanah Air, PT Industri Kereta Api (PT INKA) yang ada di Kota Madiun, Jawa Tengah.

Sebelumnya PT KAI telah mengoperasikan empat kereta jenis ini mulai 12 Juni 2018. Kereta tersebut memiliki 18 kursi. Sementara enam kereta terbaru akan debekali 26 kursi.

“Kalau yang sebelumnya 18 seat, harganya pasti lebih mahal. Kalau yang 26 seat pastinya lebih murah. Sleeper luxury memang kelas yang paling mahal, Jakarta-Semarang-Surabaya kita jual Rp1.350.000. Jakarta-Semarang kita layani dengan harga yang lebih murah,” sebut Boby.

Menurut Boby, animo masyarakat untuk kelas sleeper ini cukup bagus untuk rute Jakarta-Semarang-Surabaya.

Selain untuk rute Jakarta-Semarang-Surabaya, kereta sleeper juga akan melayani jalur lintas selatan.

“Karena banyak perpindahan juga untuk rute Jakarta-Jogjakarta-Solo-Malang. Kita tambah enam unit untuk melayani destinasi Jakarta-Jogjakarta, karena manang paling banyak penumpang Jakarta pergi tujuannya ke Jogjakarta,” ungkapnya.

Baca Juga: KAI Ajak Traveler Zaman Now Tulis Pengalaman Perjalanan Naik Kereta

Prioritas kereta sleeper diperuntukan kepada kaum kelas menengah yang menempuh perjalanan jarak jauh. Karena sebetulnya kelas kereta tidur lebih mengedepankan kualitas layanan kenyamanan bagi penumpang yang ingin rileks dan bisa tidur dalam perjalanan.

Soal harga tiket kereta sleeper terbaru dan nilai investasinya, Boby belum mau menyebutkan. Namun boby memastikan harga tiket kereta sleeper 26 kursi ini akan lebih murah dari yang 18 kursi.

“Harganya masih di bawah yang 18 seat, nanti ditunggu saja promonya. Weekday dan weekend kita jual masih sama harganya untuk yang Jakarta-Surabaya,” sebutnya.

Fitur dan layanan

Untuk kereta kelas eksekutif, penunmpang juga dimungkinkan sedikit merebahkan sandaran kursinya untuk tidur. Sementara di kelas sleeper, sandaran kursi dapat direbahkan hingga 170 derajat secara elektrik.

Selain itu, kereta ini juga dilengkapi sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi beserta headset, USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut. Tersedia pula tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi.

Pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum dan snack secara cuma-cuma.

Empat kereta sleeper pertama, dibandrol dengan harga tiket promo senilai Rp900ribu per orang.  PT KAI merangkai empat kereta sleeper tersebut ke empat kereta (KA) Argo Bromo Anggrek dengan tujuan Gambir-Surabaya Pasarturi.




Ayo baca ini juga….