Fri. May 24th, 2019

AU Serbia Terima Unit Perdana H145M dari Airbus Helicopters

Unit H145M perdana milik Angkatan Udara Serbia. Foto: Dok. Airbus Helicopters.

Dengan diterimanya satu unit perdana H145M dari Airbus Helicopters Jum’at (23/11/2018) lalu, Angkatan Udara (AU) Serbia mulai diperkuat armada helikopter jenis terbaru. Secara keseluruhan, Kementerian Pertahanan (Kemhan) Serbia mengakuisisi sembilan unit heli kegunaan ringan tersebut.

Dari total pesanan, empat di antaranya yang akan digunakan AU Serbia akan dilengkapi dengan sistem manajemen senjata HForce.

Pada Desember mendatang, dua unit heli jenis ini akan kembali dikirim Airbus, namun untuk Kementerian Dalam Negeri Serbia.

Pengadaan heli-heli anyar tersebut bermula pada negosiasi yang dilakukan kedua belah pihak pada 2016 silam. Kontrak pengadaan ini mencakup program transfer teknologi, suku cadang, peralatan dan dokumentasi untuk pemeliharaan dan perbaikan helikopter.

Pembelian H145M memiliki beberapa paket pilihan peralatan yang dapat dipasangkan atau dihapus. Hal ini tergantung pada kebutuhan misi yang ditetapkan. Heli utilitas ringan ini mampu mengemban berbagai misi seperti angkut pasukan, pengawasan, penyelamatan udara, intai bersenjata dan evakuasi medis.

H145M yang dipesan Serbia dilengkapi dengan sistem fast rope, kamera performa tinggi, dan perlindungan balistik seperti sistem penanggulangan elektronik (sebagai persyaratan operasional).

Sistem HForce yang dikembangkan pabrik akan memungkinkan Serbia untuk melengkapi dan mengoperasikan pesawat mereka dengan senjata balistik atau rudal pandu udara-ke-udara berukuran besar.

Dapur pacu heli jenis terbaru ini dibekali dua mesin Safran Arriel 2E serta didukung dengan FADEC dan rangkaian avionik digital Helionix.

Baca juga ini ya...