Wed. Jul 17th, 2019

Angkutan Lebaran 2019, Menhub Dorong Seluruh Moda Jalani Ramp Check

Kementerian Perhubungan melakukan persiapan untuk seluruh moda transportasi menjelang Angkutan Lebaran (Angleb) 2019. Terkait hal ini, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mendorong agar seluruh moda menjalani pemeriksaan (ramp check) dengan baik agar keselamatan dan kelancaran arus mudik dan balik terlaksana.

“Kami mengumpulkan stakeholder agar secara intensif menyiapkan Angleb tahun ini lebih baik,” kata Budi di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Budi mengatakan, pihaknya akan mendorong agar isu keselamatan menjadi isu yang dikemukakan pada penyelenggaraan Angleb tahun ini, selain tetap memperhatikan kelancaran arus mudik.

“Saya mendorong agar ramp check pada seluruh moda dapat dilakukan. Pada bus-bus dapat dilakukan ramp check secara mandiri oleh Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan, serta dapat dilakukan perbaikan berdasarkan hasil ramp check,” terangnya.

Untuk moda udara, lanjut Budi, selain dilakukan ramp check pada armada pesawat, maskapai juga harus memastikan agar pilot sehat.

Untuk sektor transportasi darat, Budi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik, mengingat angka kecelakaan hingga 70 persen.

“Angka kecelakaan itu tinggi sekali di darat, tingginya kecelakaan itu diakibatkan oleh kendaraan roda dua. Oleh karenanya kami menganjurkan kepada saudara kami tercinta untuk tidak menggunakan motor, untuk mengurangi kecelakaan,” cetus Budi.

Untuk menekan angka kecelakaan di jalur darat, Budi meminta masyarakat memanfaatkan program mudik gratis yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan, baik dengan menggunakan bus, kereta api maupun kapal laut.

Baca juga ini ya...