Akhir Pekan ini Israel Terima Lagi Dua Arsenal Siluman F-35I




arsenal
F-35I Adir, versi khusus F-35A Lightnning II untuk Israel. Foto: Lockheed Martin.

Akhir pekan ini Angkatan Udara Israel (IAF) akan menerima lagi dua arsenal udara siluman mereka, F-35I Adir. Dengan pengiriman itu, total hingga kini IAF akan diperkuat 14 unit armada jet tempur generasi kelima.

Israel pertama kali menerima sepasang arsenal udara paling anyar pabrikan Lockheed Martin ini pada Desember 2016. F-35I (inisial ā€˜Iā€™=Israel) merupakan versi khusus dari F-35A Lightning II yang dibuat sesuai kebutuhan spesifikasi dan teknologi yang diinginkan militer Israel.

Secara total Israel memesan 33 unit F-35I yang pengirimannya direncanakan akan tuntas pada 2021 mendatang dan dengan opsi 50 unit.

Baru-baru ini Israel menjadi tuan rumah Konferensi Kelompok Kerja Pengguna F-35. Konferensi tahunan yang baru dua kali digelar ini dihadiri Angkatan Udara AS (USAF) dan IAF serta delegasi dari Belanda dan Inggris, dengan pembahasan mengenai cara mengembangkan prosedur operasi F-35.

Konferensi ini juga bertujuan untuk membentuk komunitas pengguna jet tempur tersebut serta menentukan bahasa umum bagi negara-negara anggotanya.

Israel merupakan satu-satunya pihak di luar AS yang insinyur dan teknisinya diizinkan untuk mengotak-atik langsung dengan sistem kodal (komando dan pengendalian) dan persenjataan F-35.




Ayo baca ini juga….