Sun. Apr 21st, 2019

Akan Ada Sekolah Penerbangan di Lapangan Terbang Sekayu

Hanggar Lapangan Terbang Sekayu di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Sumber gambar: BKIP Kemenhub.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mengusulkan ke Kementerian Perhubungan untuk memanfaatkan fungsi Lapangan Terbang Sekayu. Rencananya, di area lapangan terbang ini akan bermukim sekolah penerbangan.

“Saya sambut baik usulan tersebut agar nantinya masyarakat Musi Banyuasin dan sekitarnya dapat bersekolah penerbangan di sana, sehingga menjadi insan aviasi yang membanggakan,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan ke Lapangan Terbang Sekayu, Rabu (10/4/2019).

Budi kemudian meminta Pemkab Musi Banyuasin untuk menyelesaikan administrasi seperti lahan dan sertifikasi agar dapat diproses lebih lanjut oleh pemerintah pusat.

“Saya minta Bupati Banyuasin untuk menyelesaikan tanah-tanahnya serta sertifikasinya. Nanti kita akan lakukan suatu penyerahan tanah dari Pemkab Musi Banyuasin kepada Pemerintah Pusat, dan kita akan bangun tempat ini sebagai tempat pendidikan penerbangan” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin menegaskan, Pemkab Musi Banyuasin akan segera menyelesaikan segala proses administrasi dan segera melakukan pengembangan kembali Lapangan Terbang Sekayu dengan penambahan lahan.

“Kita akan kembangkan lagi dengan lahan sebesar 30 Ha. Kemudian apa yang sudah ada, kita bereskan administrasinya. Kita serahkan nanti secara clear and clean,” tambahnya.

Selain akan digunakan untuk pendaratan helikopter, lapangan terbang ini juga akan melayani pelatihan penerbangan, asrama sekolah penerbangan, dan bengkel helikopter.

Baca juga ini ya...