Airbus Helicopters Antarkan Dua H225M Terbaru untuk RTAF




Helikopter H225M Caracal milik Royal Thai Air Force. Foto: Airbus Helicopters
Helikopter H225M Caracal milik Royal Thai Air Force. Foto: Airbus Helicopters

Airbus Helicopters mengumumkan bahwa mereka telah mengantarkan dua helikopter multiperan H225M (sebelumnya EC725) Caracal terbaru ke pelanggan mereka di Asia Tenggara, Rabu (24/10/2018). Heli tersebut merupakan unit yang dipesan Angkatan Udara Kerajaan Thailand (Royal Thai Air Force/RTAF).

Kedua heli dari keluarga Super Puma ini merupakan unit ketujuh dan dan unit kedelapan yang diterima RTAF. Secara total, AU Negeri Gajah Putih ini memesan 12 unit H225M dari Airbus Helicopters. Enam unit pertama di bawah kontak yang ditandatangani pada 2012, dan enam lainnya melalui pemesanan tambahan yang dilayangkan tahun 2016 lalu.

Pengadaan tersebut merupakan bagian dari program modernisasi armada. Heli-heli tersebut bergabung dan memperkuat enam H225M yang telah ada untuk misi SAR tempur, penerbangan SAR dan angkut pasukan.

H225M merupakan helikopter turbin kembar berbobot 11 ton yang populasinya banyak tersebar di berbagai penjuru dunia. Dengan daya tahannya terbangnya yang luar biasa dan kecepatan jelajahnya yang mengagumkan, banyak negara terpikat untuk meminangnya. Di Indonesia, Skadron Udara 8/Angkut Berat Lanud Atang Sendjaja juga mengoperasikan salah satu varian keluarga heli ini, EC725 Cougar.

Dengan peralatan elektronik yang canggih dan sistem autopilot 4 sumbu, menjadikan heli gembul ini dapat dilengkapi dengan berbagai peralatan untuk mendukung berbagai peran yang diemban.

Menurut catatan Airbus Helicopters, saat ini ada sekitar 90 unit H225M yang telah menjalani ikatan dinas di enam negara, dengan akumulasi jam terbang lebih dari 100.000 jam.




Ayo baca ini juga….