Wed. Jul 17th, 2019

Ada Bus Bandara dari Tajur Bogor ke Halim

Foto: BPTJ

Layanan angkutan massal berbasis bus dari dan menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, kini sudah beroperasi. Pengoperasian layanan Jabodetabek Airport (JA) Connexion rute Tajur (Bogor)-Bandara Halim ini diluncurkan di Halim, tadi (22/4/2019) pukul 07.00 pagi.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, “Kita akan terus melanjutkan penyediaan angkutan umum massal di Jabodetabek supaya masyarakat dapat terlayani. Salah satunya melalui pengoperasian layanan JA Connexion rute Tajur-Bandara Halim ini.”

JA Connexion tersebut dengan operator PT Eka Sari Lorena Transport. Rutenya dari Depo Lorena Jalan Raya Tajur di Bogor ke Bandara Halim pergi-pulang. Ada empat Bus Premium Jumbo dengan kapasitas 11 kursi micro seats dan 16 jumbo seats yang dikerahkan dengan tarif Rp50.000 per penumpang. Waktu operasinya setiap hari mulai pukul 04.30 WIB hingga 19.30 WIB dengan selang waktu jadwal keberangkatan setiap satu jam.

Menurut Bambang, dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), cakupan layanan angkutan umum di perkotaan pada tahun 2029 harus mencapai 80% dari panjang jalan. Sementara itu, pergerakan orang dengan angkutan umum harus mencapai 60%. Upaya penyediaan layanan angkutan umum massal secara point-to-point juga terus dilakukan.

“Salah satu bentuk kenyamanan yang kita tawarkan supaya mau beralih dari penggunaan kendaraan pribadi adalah dengan mendekatkan layanannya kepada masyarakat,” ungkap Bambang. Untuk itu, diupayakan pengintegrasian layanan JA Connexion dengan angkutan umum pengumpan, baik first mile (kondisi awal menuju angkutan umum terdekat) maupun last mile (kondisi akhir mencapai tujuan perjalanan).

Manajer Lorena, Dwi Rianta Soerbakti menanggapi bahwa layanan first mile dan last mile yang diupayakannya adalah bekerja sama dengan Grab. Di samping itu, pembayaran layanan JA Connexion nantinya akan dilakukan secara elektronik, di antaranya bekerja sama dengan Traveloka. “Upaya-upaya ini untuk memberi kemudahan dan kenyamanan layanan transportasi bagi masyarakat,” ucapnya.

Baca juga ini ya...