7 Fakta Keunggulan AS365 N3+ Dauphin, Heli Pesanan Terbaru Basarnas




AS365 N3+ Dauphin
Helikopter AS365 N3+ Dauphin Basarnas. Foto: Dok. PTDI.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memesan dua unit helikopter medium intermediate AS365 N3+ Dauphin ke PT Dirgantara Indonesia (PTDI), Jum’at (16/11/2018) lalu. Tentu hal ini akan menambah kekuatan empat armada heli serupa dengan kelas berbeda, yang sebelumnya juga dipesan dari PTDI.

Seperti apa karakteristik helikopter pesanan terbaru Basarnas tersebut? Yuk, intip fakta-fakta keunggulan berikut:

Helikopter medium intermediate class AS365 N3+ Dauphin setidaknya memiliki tujuh keunggulan. Pertama, heli ini mampu terbang di lingkungan panas ataupun lembab serta mampu bermanuver. Kedua, Dauphin kelas ini memiliki sistem autopilot terbaik dan merupakan satu-satunya sistem autopilot yang dikembangkan untuk heli yang lebih berfokus pada ketinggian, bukan kecepatan.

Ketiga, jenis ini merupakan helikoter SAR dengan kemampuan terbaik karena dilengkapi teknologi FMS (Flight Management System), instrumen yang digunakan pilot untuk mengatur rencana terbang (Flight Plan). Hal ini meliputi jalur yang akan dilewati pesawat, kecepatan saat lepas landas, jelajah, dan mendarat, serta informasi lainnya yang harus disiapkan sebelum penerbangan dimulai.

Baca Juga: Basarnas Pesan Dua Unit Helikopter AS365 N3+ Dauphin ke PTDI

Keempat, helikopter ini dapat lepas landas di atas dek kapal laut. Secara pengalaman heli ini terbukti mampu lepas landas di atas Sigma Class Ship, yakni kapal patroli pengarung samudera untuk patroli maritim Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), pencarian dan penyelamatan (SAR) dan anti kapal selam.

Kelima, AS365 N3+ mampu mengangkut beban hingga 4.300 kg atau 12 orang dengan kecepatan maksimal 269km/jam, serta ketahanan terbangnya mencapai 4,3 jam.

Berikutnya, heli ini memiliki kabin yang luas dengan pintu geser lebar yang cocok untuk mengangkut dan mengevakuasi korban.

Terakhir, heli tersebut dibekali Fenestron atau rotor belakang dalam sirip tertutup yang senyap. Fenestron memiliki jarak blade (pisau) yang tidak sama yang dapat meredam tingkat kebisingan. Penggunaan Fenestron, diklaim memiliki efisiensi tinggi dan mudah dalam pemeliharaan, karena telah teruji.




Ayo baca ini juga….