5 Inovasi Digital #Scoot Setelah Merger




Boeing 787 Dreamliner. Foto: Scoot

Sejak merger dengan Tigerair Singapura setahun lalu, Scoot  berkembang dari segi armada dan jaringan. Selain itu Scoot juga mengembangkan sejumlah   inovasi digital.

1. Flexiroam

Penumpang Scoot dapat menikmati konektivitas internet saat terbang ke destinasi tertentu. Namun tidak hanya itu, penumpang yang memesan tiket penerbangan lewat situs FlyScoot atau aplikasi seluler Scoot akan memperoleh Flexiroam X Microchip 1GB gratis yang berlaku di 64 destinasi Scoot. Microchip ini dapat dipergunakan untuk koneksi komunikasi dan data di tempat tujuan tanpa harus mengganti kartu SIM.

Caranya sederhana. Cukup tempelkan microchip pada bagian atas kartu SIM, dan otomatis telepon seluler penumpang dapat beralih dari jaringan yang ada ke Flexiroam. Pada akhir 2018, pengguna Flexiroam juga akan dapat menukarkan kuota data Flexiroam X dengan kuota data Wi-Fi pada penerbangan Scoot yang menggunakan pesawat Boeing 787 Dreamliners.

2. Scoot Menguruskan e-Visa Anda

Bagi calon penumpang yang tak cukup waktu untuk mengurus visa ke negara tujuan, Scoot bisa menguruskannya loh. Hal ini dimungkinkan karena adanya platform aplikasi visa elektronik (e-visa) yang telah diintegrasikan ke situs FlyScoot. Jadi, penumpang dapat mengajukan permohonan e-visa pada saat setelah mereka memesan tiket penerbangan. Hal ini memudahkan penumpang mengetahui apakah mereka membutuhkan visa untuk terbang ke suatu destinasi.

Didukung oleh penyedia layanan aplikasi visa online Oevisa, fitur ini menyediakan formulir permohonan visa yang sederhana, persetujuan yang cepat (biasanya dalam satu hingga tiga hari kerja), proses pengambilan visa yang mudah, dan layanan konsultansi 24 jam lewat email, Live Chat, Whatsapp, WeChat, dan Facebook Messenger.

Hingga saat ini, fitur layanan aplikasi e-visa Scoot telah berhasil memproses hampir 20.000 permohonan, sebagian besar ke Australia. Saat ini Scoot memfasilitasi permohonan e-visa ke Australia, India, Malaysia, Amerika Serikat dan Vietnam.

3. Scoot Insider

Scoot Insider merupakan  portal anggota yang menawarkan manfaat khusus bagi anggota dan fasilitas tambahan di situs FlyScoot, termasuk voucher diskon, penyimpanan data penumpang dan kartu kredit untuk pemesanan lebih cepat, promosi eksklusif, dan banyak lagi.  Pada tahap awal, anggota akan menerima voucher diskon 15% setelah registrasi berhasil, dan voucher diskon 15% setiap hari ulang tahun anggota.   Saat ini, portal Scoot Insider memiliki sekitar 230.000 anggota dari Singapura, Australia, India, Filipina, Malaysia, Jerman, Yunani, Hong Kong, Korea, Thailand, China, Taiwan, Jepang, Vietnam dan Indonesia.

4. Scootsurance

Scoot telah bermitra dengan AXA Travel Insurance untuk memperkenalkan Scootsurance, asuransi perjalanan baru dan menyeluruh yang dapat dibeli melalui situs FlyScoot, baik selama atau setelah pemesanan tiket penerbangan. Dirancang untuk memberikan nilai lebih, Scootsurance bertujuan untuk membuat perjalanan mudah dan nyaman. Penumpang akan mendapatkan manfaat perlindungan yang menyeluruh – perlindungan terhadap gangguan dan pembatalan perjalanan, penundaan perjalanan, pengobatan, kehilangan bagasi, terorisme, risiko kematian, risiko cacat permanen, dan lain-lain.

Scootsurance merupakan fasilitas tambahan di luar manfaat eksklusif untuk penumpang Scoot, seperti perlindungan terhadap kecelakaan diri dalam penerbangan hingga 25.000 dolar Singapura, dan penggantian pemesanan meskipun dibayar dengan mil KrisFlyer apabila penumpang tidak dapat melakukan perjalanan. Saat ini baru tersedia untuk penumpang yang berangkat dari Singapura, Scootsurance akan tersedia secara bertahap untuk keberangkatan dari negara lain pada paruh pertama 2019.

5. Check-in Otomatis

Sejak diperkenalkannya mesin Automatic Bag Drop (ABD) pada Juli 2018, penumpang Scoot yang berangkat dari Bandara Internasional Changi Singapura kini memiliki opsi untuk melakukan self-service untuk check-in yang lebih cepat dan lebih efisien. Mulai dari mengambil boarding pass dan label tas sampai memasukkan bagasi, penumpang dapat menggunakan 24 kios check-in self-service dan 8 mesin ABD di Terminal 2. Lebih dari separuh penumpang Scoot kini memilih untuk menggunakan kios check-in self-service, yang memungkinkan mereka memilih waktu check-in sendiri dari 18 jam hingga 70 menit sebelum jadwal keberangkatan.




Ayo baca ini juga….