Yoshitoshi Tokugawa, Pionir Penerbangan Militer Jepang



Letnan Jenderal Baron Yoshitoshi Tokugawa, merupakan tokoh pionir dunia penerbangan militer di Jepang. Lahir pada 24 Juli 1884 di Tokyo, Yoshitoshi merupakan putera dari Atsumori Tokugawa, yang merupakan keturunan dari klan Tokugawa. Melalui sang ayah, ia adalah cucu lelaki dari Shogun terakhir, Tokugawa Yoshinobu. Yoshitoshi lulus dari Imperial Japanese Army Academy pada tahun 1903, setelah  memfokuskan diri pada military engineering.

Pada tahun 1909, Yoshitoshi dikirim sebagai atase militer ke Perancis, khusus untuk mempelajari teknik penerbangan dan aplikasi militer untuk penggunaan pesawat pada pertempuran. Ia membeli sebuah pesawat biplane Faman III yang ia kapalkan ke Jepang.

Pada 19 Desember 1910, Yoshitoshi sukses melakukan penerbangan pesawat bermesin buatan Jepang pertama di Yoyogi Parade Ground (sekarang Taman Yoyogi di Tokyo) hanya tujuh tahun setelah penerbangan Wright Brothers di AS. Pada 5 April 1911, Yoshitoshi mengujicobakan penerbangan perdana di sebuah lapangan terbang di Tokorozawa.

Yoshitoshi, bersama dengan Jenderal Hino Kumazo mempromosikan teknologi baru kepada Staf Angkatan Darat Kekaisaran Jepang dan membantu mendirikan Japanese Army Air Service. Pada 23 April 1911, Yoshitoshi membuat sebuah rekor dengan pesawat buatan Blériot dari Perancis, terbang sejauh 48 mil dalam waktu 1 jam 9 menit 30 detik.

Yoshitoshi memimpin 2nd Air Batallion, dan menjabat sebagai Commanding officer pada 1st Air Regiment, dan General Officer Commanding the Army Aviation Corps tiga kali pada tahun 1920-an dan 1930-an.

Ia juga menjabat sebagai Direktur Training Departement di Tokorozawa Army Aviation School, sebagai Komandan dari sekolah yang sama dan Akeno Army Aviation School dan berkaitan dengan Imperial Japanese Army General Staff. Yoshitoshi kemudian dikenal di Jepang sebagai “the Grandfather of Flight”.

Ia berada pada active reserve dan diangkat kembali oleh perintah Imperial Army Aviation School pada tahun 1945, sebelum akhirnya pensiun. Yoshitoshi wafat pada 17 April 1963 di Tokyo.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply