Wings Air Berhasil Dievakuasi, Bandara Ahmad Yani Dibuka Kembali



Pesawat Wings Air rute Bandung-Semarang yang tergelincir di runway 13 Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang akhirnya berhasil dievakuasi. Proses evakuasi dimulai sekitar pukul 02.30 dan pesawat berhasil dievakuasi pukul 06.15.

Dengan menggunakan crane pesawat selanjutnya diangkat, kemudian ditarik menuju apron proyek pengembangan Bandara Ahmad Yani. Setelah berhasil dievakuasi, bandara Ahmad Yani kembali dibuka pukul 07.35 WIB.

Penerbangan pertama pagi hari adalah Wings Air tujuan Denpasar, sedangkan pesawat yang mendarat pertama kali di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang adalah Ferry Flight dari Batam pukul 07.45 WIB. Tim dari KNKT sudah melakukan investigasi atas kejadian tersebut dan akan dilanjutkan hari ini Senin (26/12).

“Sesuai dengan rencana tadi malam, pagi ini pukul 07.35 WIB bandara sudah kembali normal, dan telah ada beberapa pesawat yang take off maupun landing. Itu setelah tadi runway dibersihkan dari FOD, dan kini sudah kembali lancar,” kata Hidya Humas PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani pagi ini.

Sebelumnya Edward Sirait, Presiden Direktur Lion Air Group menegaskan, pesawat Wings Air rute Bandung – Semarang mengalami overshoot atau keluar runway pada saat melakukan proses pendaratan di Semarang.

Penumpang pesawat tersebut berjumlah 68 orang terdiri dari 62 penumpang dewasa dan enam penumpang anak-anak dan empat crew pesawat.

Foto: Andika Primasiwi / Indo-Aviation.com