Vindex Tengker, Dari Dapur Kini Jadi Vice President Inflight Service Garuda



Vindex Tengker telah menjalani hidup selama puluhan tahun menjadi seorang chef andalan di sebuah hotel mewah bintang lima di Jakarta. Kini Vindex telah berhenti dari pekerjaan lamanya itu dan mengemban tugas baru sebagai Vice President Inflight Service Garuda Indonesia.

Meskipun sudah tidak berada di dapur, tapi Vindex masih bertanggungjawab terhadap cita rasa makanan yang keluar dari dapur maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia sebelum disajikan kepada penumpang penerbangan. “Saya di hotel sudah 29 tahun, dan saya pikir ini mungkin saatnya mencari tantangan lain,” kata dia.

Di Garuda Indonesia, dia menjalankan peran sebagai konseptor dalam menentukan pelayanan yang membuat penumpang nyaman di atas ketinggian udara, termasuk masalah kuliner sebagai keahliannya. Ia masih sering memberikan pendapat mengenai makanan yang layak dan lezat disajikan dalam pesawat, serta yang tidak layak diberikan kepada penumpang. “Saya juga awalnya tidak mengetahui, tapi saya belajar berbagai hal, seperti kalau di ketinggian, level kepedasan makanan harus dikurangi,” kata Vindex.

Menurut Vindex, memasak menu makanan yang dihidangkan di darat dan di udara tidak ada perbedaan. Hanya saja untuk menu yang dihidangkan di ketinggian perlu sedikit modifikasi agar cita rasa yang dihasilkan tetap konsisten. “Mungkin sebenarnya umur segini harusnya sudah tidak di dapur, tapi bagaimanapun saya tetap suka kuliner,” tutur pria yang lahir pada 24 November 1968 itu.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply