Vickers Vernon, Pesawat Pengembangan dari Vickers Vimy



Vickers Vernon merupakan pesawat biplane kargo dari Inggris yang digunakan oleh Royal Air Force (AU Kerajaan Inggris). Pesawat ini beroperasi sejak tahun 1921. Vernon merupakan pengembangan dari varian Vickers Vimy Commercial, salah satu varian terkenal Vickers Vimy versi bomber dan ditenagai oleh dua mesin Napier Lion. Sebanyak 55 unit Vernon telah dibuat.

Pesawat ini mempunyai kemampuan terbang sejauh 278 nautical miles dengan kecepatan 65 knots. Kabin dari pesawat Vernon ini mampu menampung 11 orang penumpang yang duduk di kanvas duduk yang menuruni sisi interior pesawat. Oleh RAF, pesawat Wenon ini dioperasikan oleh No. 45 dan No. 70 Squadron di India, Siprus dan Irak. Pesawat ini memiliki nilai guna yang cukup tinggi, di mana Vernon dapat menjalankan misi evakuasi para prajurit Inggris yang sakit di Baghdad dan kemudian diterbangkan ke Cairo, Mesir.

Varian dari Vickers Vernon adalah Vernon Mk I, yang merupakan Vernon yang ditenagai dua mesin yang dioperasikan oleh RAF sebagai pesawat transport. Kedua, Vernon Mk II yang ditenagai oleh 2 mesin Napier Lion II dengan kekuatan 450 hp (340 kW). Terakhir adalah Vernon Mk III yang ditenagai 2 mesin Napier Lion III.

Karakteristik umum dari Vickers Vernon antara lain, diawaki oleh 3 kru pesawat dengan kapasitas 11 orang, memiliki panjang 13,01 meter, bentang sayap 20,76 meter, tinggi 4,04 meter, luas sayap 124 meter persegi, berat kosong 3.628 kilogram, loaded weight 5.706 kilogram dan ditenagai oleh dua mesin Napier Lion dengan tenaga mesin masing-masing 450 hp. Performa dari pesawat ini antara lain memiliki kecepatan maksimal 161 kimoleter per jam, kecepatan jelajah 121 kilometer per jam, jarak jangkau 515 kilometer, ketinggian jelajah 11.700 kaki, wing loading sebesar 46 kilogram per meter persegi, dan power per mass sebesar 0,118 kW per kilogram.

Foto: Wikimedia

Be the first to comment

Leave a Reply