United Airlines Percepat Pensiunkan Boeing 747



Maskapai penerbangan asal Amerika Serikat, United Airlines, pada Rabu (11/1) memutuskan untuk memensiunkan pesawat berbadan lebar miliknya, Boeing 747-400 pada akhir tahun 2017, lebih cepat satu tahun dari rencana awal yaitu di akhir tahun 2018.

“Sebagai hubungan yang erat seperti kita semua bagi pesawat iconic ini, waktunya telah tiba untuk memensiunkan armada kami 747 dari layanan berjadwal,” ujar Scott Kirby, President United Airlines dalam sebuah memo kepada pekerja United Airlines seperti yang dilansir oleh¬†USA Today.

“Hari ini, ada lebih banyak pesawat berbadan lebar yang hemat bahan bakar, hemat biaya dan handal yang memberikan pengalaman selama penerbangan yang diperbarui kepada pelanggan kami dalam bepergian pada penerbangan jarak jauh. Untuk alasan ini, kami berpamitan dengan Queen of the Skies, yang telah menjadi bagian dari armada kami sejak kami pertama kali menerbangkan pesawat ini antara California dan Hawaii pada tahun 1970,” tambah Kirby.

Kirby menjelaskan bahwa pihaknya akan berkejasama dengan semua orang yang terbang dan bekerja pada 747 untuk memastikan kelancaran transisi ke armada lain.¬†“Kami akan menghormati 747 dengan perayaan pensiun yang tak terlupakan,” tambah Kirby dalam memo itu.

United menggeser armada 747-400 dengan pesawat berbadan lebar terbarunya, termasuk Boeing 777-300ER yang baru saja diterima akhir Desember lalu. United juga memiliki sejumlah pesawat berbadan lebar baru lainnya, di antaranya Boeing 787 Dreamliner. Pada tahun 2018, United akan mulai menerima pesawat berbadan lebar terbaru dari pabrikan pesawat Eropa Airbus, yaitu Airbus A350.

Foto: Istimewa