Unhan akan Gelar Seminar Internasional Ilmu Pertahanan




Rektor Unhan Letjen TNI Yoedhi Swastanto usai silaturahim dengan awak media massa di Kampus Unhan di Sentul, Bogor.

Universitas Pertahanan (Unhan) akan menyelenggarakan Indonesia International Defense Science Seminar (IIDSS) pada 11-12 Juli 2018. Seminar bertaraf internasional mengenai ilmu pertahanan ini akan menghadirkan para ahli pertahanan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, sebagai pembicara.

Rencana seminar ini diungkapkan Sekretaris LP2M Unhan selaku Wakil Ketua 2 IIDSS, Brigjen TNI Drs Wibisono Poespitohadi, M.Sc, M.Si (Han) pada acara silaturahim Unhan dengan awak media massa di Sentul Bogor, Rabu (5/4/2018). Rektor Unhan yang pada 7 April 2018 dilaporkan kenaikan pangkatnya kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Letjen TNI Dr. Yoedhi Swastanto, MBA, mengatakan, silaturahim tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemberitaan yang bersifat positif, terutama tentang peran dunia pendidikan, khususnya Unhan.

“Peran media massa sangat stategis karena memiliki peranan yang sangat besar dan pengaruh yang sangat kuat, sehingga menjadikannya pusat perhatian publik untuk mengetahui dan mencari berbagai informasi,” ujar Letjen TNI Yoedhi.

Menurut Yoedhi, banyak informasi dan isu-isu di dalam negeri dan luar negeri yang akan langsung diterima oleh masyarakat. Sebaiknya informasi-informasi itu, kata dia, disaring terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan informasi, sehingga tidak menimbulkan perselisihan dan salah pengertian.

Dia melanjutkan, di dunia pendidikan, media massa harus sanggup melakukan fungsinya sebagai bagian dari pendidikan. Mampu menyebarkan beraneka ragam informasi yang terpercaya, aktual, dan terbaru. “Media massa tidak boleh memberitakan berita yang bersifat provokasi; yang berakibat timbulnya perpecahan dan konflik,” ucapnya.

Rektor Unhan pun meminta media massa untuk turut serta memajukan dan mengembangkan Unhan untuk masyarakat. Dengan demikin, pada tahun 2024, Unhan menjadi World Class University.