Uji Terbang Perdana Pesawat A350-1000 Sukses Dijalankan



Unit pertama Airbus A350-1000 dari total tiga pesawat yang dikhususkan untuk program pengembangan seri baru Airbus, telah sukses menyelesaikan uji terbang perdananya. Pesawat dengan nomor seri MSN059, kembali mendarat di Bandara Toulouse-Blagnac, Perancis.

Presiden dan CEO Airbus Fabrice Brégier mengungkapkan uji terbang tersebut berlangsung selama empat jam dan 18 menit yang diawaki Pilot Uji Eksperimental Hugues Van Der Stichel dan Frank Chapman, serta Insinyur Uji Terbang Gerard Maisonneuve.

Selain itu, turut memantau seluruh parameter uji coba di pos Flight-Test-Instrumentation (FTI) di balik kokpit, yakni Head of Flight & Integration Tests Patrick du Ché, Head of A350 Development Flight Tests Emanuele Costanzo dan Insinyur Uji Terbang Stéphane Vaux.

“Pesawat yang dimotori oleh mesin baru Rolls-Royce Trent XWB-97 ini terbang di atas kawasan barat-daya Perancis beraksi secara langsung untuk pertama kalinya. Kehadiran A350-1000 akan terus menegaskan kesuksesan keluarga A350 Airbus. Kami berterima kasih pada seluruh anggota tim yang telah berkontribusi mewujudkan pencapaian ini,” bebernya dalam siaran pers.

Sepanjang penerbangan, lanjutnya, para awak kapal bertugas menguji dan mengamati secara menyeluruh batas-batas penerbangan (flight envelope) dan penanganan pesawat tersebut.

Pesawat uji ini juga diikuti pesawat pengejar yang mengobservasi dan mendokumentasikan berbagai manuver yang dilakukan oleh unit pertama A350-1000 ini. Tak hanya itu, progresnya turut diawasi pula secara “I” dari darat oleh sejumlah pakar melalui sebuah jaringan telemetrik langsung.

“Berbekal pengalaman yang diperoleh dalam program uji coba seri A350-900 (yang telah tuntas pada tahun 2014), program pengembangan seri A350-1000 ini akan memakan waktu lebih pendek – yaitu kurang dari satu tahun untuk menguji ketiga pesawat uji,” jelasnya.

Foto: airwaysmag.com