TransNusa akan Terbangi Rute Batam-Anambas



Maskapai penerbangan swasta TransNusa Aviation Mandiri dikabarkan akan membuka keterisoliran Kepulauan Anambas dengan membuka rute baru yang menghubungkan antara Batam dan Marak di Anambas.

Menurut rencana, penerbangan TransNusa Aviation Mandiri dari Batam menuju Anambas akan dimulai pada 5 Oktober 2015. Rute penerbangan itu akan dilayani sebanyak dua kali seminggu menggunakan pesawat ATR 42 berkapasitas 48 kursi.

Pejabat Bupati Kepulauan Anambas Eko Sumbaryadi mengatakan bahwa penerbangan TransNusa Aviation Mandiri antara Batam dan Matak tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Harga tiketnya pun dipatok antara Rp 800.000 hingga Rp 1,2 juta untuk sekali jalan.

“Bila tidak ada halangan, 5 Oktober 2015 besok. Mudah-mudahan bisa membantu mobilitas masyarakat Anambas. Mengenai jadwal penerbangan untuk tahap awal, satu minggu selama dua kali yakni Senin dan Kamis dengan rute Batam-Mataku PP. Ada perwakilan untuk pemesanan tiket baik di Batam maupun di Anambas,” tutur dia.

Selama ini TransNusa Aviation Mandiri sudah melayani penerbangan dari dan menuju Mataku. Namun, penerbangan itu merupakan layanan penerbangan charter oleh sebuah perusahaan minyak dan gas. Adanya penerbangan reguler dari Batam menuju Matak dan sebaliknya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian di Anambas, termasuk memicu lebih banyak lagi wisatawan yang datang ke wilayah itu.

Foto: Wikimedia 

Be the first to comment

Leave a Reply