Topping Off Bandara Kertajati, Menhub Optimis Operasi Tahun 2018



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi optimis Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dapat dioperasikan tahun 2018. Demikian disampaikan Menhub dalam acara Topping Off BIJB di Kertajati, Majalengka pada Minggu (21/5).

“Progres pembangunan BIJB luar biasa cepat dan berjalan dengan baik sehingga saya yakin target pengoperasian pada tahun 2018 dapat tercapai,” jelas Budi.

Budi mengatakan nantinya BIJB menjadi fasilitas transportasi udara untuk masyarakat di Jawa Barat.

“Ini memberikan kesempatan bagi warga Jawa Barat yang selama ini harus 10 jam untuk menuju bandara (Soekarno Hatta) tapi nanti hanya 2 jam untuk bisa sampai bandara (BIJB),” kata Budi.

Menurut Budi, pembangunan BIJB merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Jawa Barat.

“Pembangunan air side dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat dan akan selesai 2017, sedangkan Pemda Jabar dan BIJB yang membangun land side akan selesai pada 2018,” ujar Budi.

Lebih lanjut Menhub mengatakan selain BIJB, Jawa Barat akan memiliki ikon lainnya yaitu Pelabuhan Patimban yang mulai beroperasi pada 2019. Hadirnya Pelabuhan Patimban dapat menjadi sarana pengangkutan ekspor barang berat.

“Pemerintah secara bersamaan membangun dua fasilitas yang strategis yaitu Bandara di Kertajati dan Pelabuhan Patimban. Ini memberikan kesempatan masyarakat Jawa Barat Bagian Timur dan Utara berkembang pesat di mana ekspor dapat melalui Pelabuhan Patimban,” terang Budi.

Ke depan, Budi yakin kolaborasi tersebut dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat Jawa Barat.

“Keuntungan bagi masyarakat Jawa Barat dapat memperkecil biaya logistik serta menghemat biaya masyarakat yang menuju bandara,” jelas Budi.

Turut hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Direktur Utama BIJB Virda Dimas Ekaputra, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik.

Foto: Kementerian Perhubungan

Be the first to comment

Leave a Reply