Tony Fernandes: Rahasia Sukses AirAsia Adalah Kepercayaan



Dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi Komite Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2015 SME Summit di Green Sun Hotel, Manila, Filipina, Senin (16/11/2015), Chief Executive Officer AirAsia Group Tony Fernandes mengungkapkan rahasia kesuksesan AirAsia yang semula hanya memiliki dua pesawat, tapi kini menjadi perusahaan penerbangan berbiaya rendah terbesar di Asia Tenggara dengan 200 pesawat.

Fernandes menuturkan, untuk mencapai kesuksesan tidaklah mudah. Dalam membangun AirAsia, dia memulai dari sebuah mimpi, kemudian menjalan bisnis dengan membeli dua pesawat Boeing 737-300, 200 pekerja, hanya memiliki rute penerbangan domestik, dan melakukan investasi senilai 40 juta ringgit Malaysia. “Soal Small Medium Enterprises/SME (UKM), kalian bisa lakukan apapun. Bisnis adalah bisnis. Seperti AirAsia, memulai dengan sebuah mimpi. Kita tidak punya banyak uang,” katanya.

Melalui kerja keras Tony Fernandes bersama dengan timnya, bisnis AirAsia terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Bahkan kini AirAsia memiliki 200 pesawat dengan 200 rute penerbangan, 19 hub, 100 destinasi, dan melayani 21 negara. Sejak didirikan, AirAsia juga meraih sukses dengan melayani 300 juta penumpang. “Kami juga sudah mencapai 300 juta penumpang. Selama 14 tahun, bisnis kami terus bertumbuh,” terang dia.

Menurut Fernandes, kunci sukses utama bagi AirAsia adalah sebuah kepercayaan. Yang dimaksud dengan kepercayaan adalah branding, karena brand menjadi modal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. “AirAsia ontime (tepat waktu). Paling penting, branding, itu adalah aset terbesar. Kita juga lakukan partnership dengan baik. Juga harus cermat. Kita pakai Airbus, non Boeing, karena lebih murah,” kata Tony.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply