Tingkatkan Keselamatan, Indonesia AirAsia Gandeng FAA



Terkait dengan keluarnya hasil investigasi dari Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) mengenai kecelakaan penerbangan QZ8501 , maskapai penerbangan berbiaya rendah Indonesia AirAsia menggandeng regulator penerbangan asal Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA), dan badan sertifikasi profesional Bureau Veritas, untuk memberikan rekomendasi dalam peningkatan standar keselamatan penerbangan di AirAsia.

Presiden Direktur Indonesia AirAsia Sunu Widyatmoko mengatakan bahwa sebelum hasil investigasi dari KNKT keluar, Indonesia AirAsia sudah melakukan berbagai inisiatif perbaikan. “Kami juga melakukan beberapa inisiatif keamanan sebelum laporan Komite Nasional Keamanan Transportasi dikeluarkan,” ujar Sunu.

Menurut Sunu, AirAsia telah menambahkan pelatihan upset recovery ke dalam silabus recurrent training atau pelatihan, menambahkan sesi pelatihan simulator dalam pelatihan awal, dan mengimplementasikan sistem AIRMEN. Sistem tersebut akan memberikan  pengawasan secara real time terhadap pesan-pesan kegagalan yang terjadi di pesawat.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply