Tinggalkan London Gatwick, Garuda Pindah ke London Heathrow



Garuda Indonesia akan bergabung dengan maskapai-maskapai penerbangan lainnya yang memulai perjuangan dari Bandara London Gatwick dalam layanan penerbangan ke London, Inggris, sebelum akhirnya pindah ke bandara yang jauh lebih mentereng dan diisi oleh berbagai maskapai penerbangan kelas dunia, Bandara London Heathrow. Rencananya Garuda Indonesia akan meninggalkan London Gatwick dan mulai terbang ke London Heathrow pada Maret 2016. Mengenai cara Garuda Indonesia mendapatkan slot penerbangan di London Heathrow yang sangat mahal dan berharga hingga kini belum diketahui.

Garuda Indonesia kini melayani penerbangan ke London Gatwick sebagai perpanjangan dari rute penerbangan Jakarta-Amsterdam. Perusahaan penerbangan nasional Indonesia itu kini menjadi satu-satunya maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dari Eropa (Amsterdam) menuju Jakarta secara nonstop. Sayangnya, penerbangan dari Jakarta menuju Amsterdam harus melakukan satu kali pemberhentian di Singapura lantaran kondisi landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta Jakarta yang kurang memadai untuk melayani penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam menggunakan pesawat Boeing 777-300ER. Hingga kini masih belum jelas kapan landasan pacu Bandara Soekarno-Hatta akan diperkuat sehingga memungkinkan adanya penerbangan nonstop dari Jakarta ke Eropa.

Sekitar 20 sampai 30 tahun yang lalu, Garuda Indonesia bersama dengan Philippine Airlines merupakan pemain utama dalam rute penerbangan yang menghubungkan antara kota-kota di Asia Tenggara dan Australia dengan Eropa. Kedua perusahaan penerbangan itu kemudian menghentikan penerbangan ke Eropa karena pembatasan atas isu keselamatan oleh Uni Eropa. Ketika keduanya kembali terbang ke Eropa, pasar sudah berubah. Garuda Indonesia dan Philippine Airlines harus tertatih dalam menghadapi penguasa pasar yang umumnya berasal dari kalangan maskapai penerbangan Timur Tengah seperti Emirates, Etihad Airways, dan Qatar Airways.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply