Tim DAELead Menangi Ajang Airbus Fly Your Ideas



Tim DAELead dari The University of Hong Kong di Hong Kong, dipilih oleh tim juri sebagai pemenang pada ajang kompetisi Airbus Fly Your Ideas 2017. Tim DAELead mengalahkan persaingan ketat untuk memenangkan hadiah pertama sebesar 30.000 Euro dengan desain efektif mereka untuk Private Stowage Compartment (PSC) di bawah kaki penumpang.

Tahap akhir kompetisi berlangsung di Toulouse, Perancis. Lima tim siswa yang terdaftar diundang untuk menghabiskan satu minggu di fasilitas Airbus ProtoScape untuk memvisualisasi, prototype dan menguji gagasan mereka menggunakan eralatan canggih, sebelum mempresentasikannya kepada sebua panel pakar akademis dan Airbus dan ahli penerbangan.

“Juri terkesan dengan visi dan keterampilan Tim DAELead dalam melihat solusi sederhana namun efektif untuk pengalaman penumpang yang lebih baik. Desain kabin pesawat baru sepenuhnya memanfaatkan ruang antara lantai kabin dan langit-langit kargo untuk memberi penumpang tempat bagasi pribadi mereka sendiri,” tulis Airbus dalam rilisnya, Rabu (17/5).

Runner up, tim Aquarius dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) di Australia, memenangkan 15.000 Euro untuk konsep radikal mereka yang mengubah pesawat komersial menjadi alat untuk menghentikan kebakaran dengan cepat.

AIrbus Fly Your Ideas sekarang merupakan edisi yang kelima dan diselenggarakan dalam kemitraan dengan UNESCO, diluncurkan untuk menginspirasi generasi inovator berikutnya dari seluruh dunia. Dalam entri mereka, para siswa harus menjawab satu dari lima tantangan yang diidentifikasi oleh Airbus, mulai dari pengalaman penumpang yang meningkat hingga inovasi manufaktur, untuk memberikan solusi berkelanjutan bagi masa depan penerbangan.

Hampir 5.500 siswa dari sleuruh dunia mendaftar untuk berpartisipasi dalam kompetisi taun 2017. Sejak kompetisi Fly Your Ideas diluncurkan pada tahun 2008, lebih dari 20.000 siswa dari lebih dari 650 universitas di lebh dari 100 negara di seluruh dunia telah berpartisipasi.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply