Tata Sons Akhirnya Tambah Saham di AirAsia India



AirAsia India merupakan maskapai penerbangan patungan antara tiga perusahaan, yaitu AirAsia Berhad dengan komposisi saham 49 persen, Tata Sons 30 persen, dan Telestra Tradeplace 21 persen. Namun, komposisi saham itu kini sudah berubah karena Tata Sons telah meningkatkan jumlah sahamnya menjadi 41 persen dengan membeli 11 persen saham dari Telestra Tradeplace. Dengan demikian, saham AirAsia India yang dipegang oleh Telestra Tradeplace kini turun dari 21 persen menjadi 10 persen.

Mengenai rencana peningkatan jumlah saham Tata Sons di AirAsia India memang sudah dikabarkan oleh beberapa media di India selama seminggu terakhir. Bahkan kabar itu pun sudah mendapatkan konfirmasi dari Chief Executive Officer AirAsia Group Tony Fernandes, meskipun dia menolak berspekulasi apakah Tata Sons akan menambah sahamnya di AirAsia India menjadi 48 persen. “Saya tidak yakin, tetapi mereka menyukai apa yang mereka lakukan dan ingin meningkatkan sahamnya,” ujar Fernandes.

Adanya peningkatan saham Tata Sons di AirAsia India membuat saham maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia, diperdagangkan naik 2,75 persen pada hari ini, Rabu (19/8/2015).

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply