Tarif Taksi Udara Jakarta-Bandung Cuma Rp 24 Jutaan



Ketika musim libur panjang seperti sekarang ini banyak masyarakat yang mengisi waktu luang dengan berlibur ke luar kota. Warga Jakarta umumnya menjadikan Bandung sebagai destinasi favorit mereka. Namun, perjalanan darat di musim liburan sangat menghabiskan waktu karena jalan sudah penuh sesak oleh kendaraan. Namun, kini sudah banyak layanan taksi udara yang bisa mengantarkan penumpang dari Jakarta ke Bandung dalam waktu 30 menit saja. Padahal ketika musim puncak liburan, perjalanan darat Jakarta-Bandung bisa memakan waktu hingga 10 jam.

Ketua Indonesia National Air Carrier Associations (INACA) Bidang Penerbangan Tidak Berjadwal Denon Prawiraatmadja mengatakan bahwa untuk menyewa helikopter dengan rute pendek seperti Jakarta-Bandung, masyarakat cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 24 juta dengan kapasitas antara empat hingga enam orang. “Biaya sewa heli city hanya Rp 24 juta ke Bandung. Kalau waktu tempuhnya Jakarta-Bandung cuma 30 menit,” ujarnya.

Meskipun demikian, menutur Denon, layanan taksi udara jarak pendek seperti Jakarta-Bandung masih belum populer. Alasannya tentu karena biayanya yang tidak murah. “Rute favorit saat ini memang masih ke Singapura dan Bali. Biaya charter heli berbeda tergantung tipe dan maskapai. Biaya sewanya berkisar Rp 40-70 juta per jam dengan nilai tukar rupiah saat ini,” jelas dia.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply