Target Jonan: 100 Bandara Bisa Didarati Pesawat Jet di Tahun 2019



Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mencanangkan target yang cukup tinggi di masa kepemimpinnya di Kementerian Perhubungan. Pasalnya, orang nomor satu di Kementerian Perhubungan itu menargetkan ada 100 bandara di Indonesia yang bisa didarati oleh pesawat jet pada tahun 2019. Langkah itu dilakukan agar sejumlah bandara bisa menerima pesawat jet dengan kapasitas angkut yang lebih besar. Jika pesawat dengan kapasitas besar bisa masuk, secara otomatis ongkos transportasi udara menjadi semakin terjangkau.

Jonan mengatakan, hingga kini baru ada sekitar 60 bandara di bawah pengelolaan Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Perhubungan yang bisa didarati oleh pesawat jet. “Targetnya sampai akhir 2019 minimal ada 100 bandara yang bisa didarati oleh pesawat Boeing 737-800, Boeing 737-900, Airbus A320 atau sejenisnya,” katanya.

Selain itu, tutur Jonan, Kementerian Perhubungan akan menambah sekitar 50 bandara yang bisa didarati oleh pesawat baling-baling berkapasitas besar seperti ATR 72. “Jadi total nanti 2019 ada 150 bandara yang runway-nya diperpanjang. Kita akan berusaha konektivitas masyarakat bisa berkembang dan terjangkau. Kalau runway tidak diperpanjang atau diperbaiki kapasitasnya economic scale tidak bisa efisien. Saya kasih contoh bandara atau air strip runway-nya hanya 1.100 atau 1.200 meter yang hanya bisa didarati pesawat kecil, kan hanya bisa dinaikki oleh 20 penumpang, otomatis harganya mahal,” ujar dia.

Foto: Tri Setyo Wijanarko

Be the first to comment

Leave a Reply