Tambah Direksi, AP I Percepat Pembangunan Bandara Baru



Sardjono Jhonny Tjitrokusumo (kanan). Foto: Aangkasa Pura I

Sardjono Jhonny Tjitrokusumo (Jhonny) resmi diangkat menjadi Direktur Hubungan Internasional dan Pengembangan Usaha PT Angkasa Pura (AP) I oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Pengangkatan itu berdasarkan surat Nomor: SK-155/MBU/08/2017 tentang Perubahan Nomenklatur Jabatan dan Pengangkatan Anggota Direksi PT AP I (Persero). Surat tersebut dikeluarkan usai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan tersebut.

“Bergabungnya Sardjono Jhonny Tjitrokusumo sebagai anggota Direksi di AP I berdampak positif karena saat ini perusahaan sedang fokus pada percepatan pembangunan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dan proyek pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo,” ujar Israwadi, Corporate Secretary PT AP I di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Israwadi menambahkan, di samping pembangunan terminal di tiga bandara tadi, ada sembilan bandara lagi yang akan dikembangkan. Dikembangkan dan dibangunnnya bandara-bandara tersebut untuk mengatasi cepatnya pertumbuhan penumpang.

Menurut Jhonny, tugasnya di AP I berhubungan dengan kerja sama dan investasi luar negeri. “Selain itu juga, saya ditugaskan untuk melakukan kajian-kajian inovatif dalam pengembangan usaha ke depan. Kurang lebihnya begitu.”

Jhonny yang lahir di Jakarta, 5 Agustus 1971 ini sudah berkiprah di dunia penerbangan sejak tahun 1991. Awalnya ia adalah seorang pilot di Merpati Nusantara Airlines, yang berkarier hingga tahun 2004. Selepas dari Merpati, ia menjadi pilot di beberapa maskapai penerbangan asing, termasuk di Qatar Airways dan Etihad Airways.

Kariernya naik ke puncak, yakni menjadi Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines pada 27 Mei 2010 hingga 13 Mei 2012. Sebelum menjadi salah satu direksi AP I, Jhonny tetap terjun di dunia penerbangan sebagai konsultan.

“Kami dari jajaran manajemen AP I berharap penambahan direksi ini dapat menambah akselerasi perusahaan, khususnya dalam pembangunan dan pengembangan bandara yang telah ditargetkan oleh perusahaan,” tutur Israwadi.

Be the first to comment

Leave a Reply