Tahun Depan Garuda Indonesia Datangkan 15 Pesawat Baru



Garuda Indonesia, perusahaan penerbangan yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh negara, pada tahun depan akan mendatangkan 15 pesawat baru untuk memperkuat armadanya. Pesawat-pesawat tersebut akan digunakan perusahaan untuk membuka rute-rute baru maupun menambah frekuensi penerbangan yang sudah ada.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, 15 pesawat yang akan tiba pada tahun depan antara lain terdiri dari lima Airbus A330, sembilan ATR 72-600, dan satu Boeing 777-300ER. Sebagian besar pesawat didatangkan oleh Garuda Indonesia menggunakan skema operating lease agar keuangan perusahaan tetap dalam kondisi baik.

“Untuk tahun depan pesawat kami tumbuh 15 unit. Sebanyak 80 persen menerapkan operating lease, jadi untuk meminimalisir risiko, karena kalau financial lease masuk ke dalam balance sheet Garuda, kemungkinannya bakal terlalu berat untuk balance sheet,” katanya.

Arif menambahkan pesawat-pesawat baru itu salah satunya akan digunakan untuk membuka rute penerbangan internasional baru, yaitu dari Denpasar menuju Shanghai dan sebaliknya. “Jadi Shanghai tidak hanya ke Jakarta, tapi juga ke Denpasar,” ucap Arif.

Foto: ATR

Be the first to comment

Leave a Reply