Tahun Depan, AP II Naikkan Tarif PSC di Bandara Soekarno-Hatta



Angkasa Pura II (AP II), selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, akan menaikkan tarif Passenger Service Charge (PSC) di pintu masuk utama Indonesia tersebut pada tahun depan. Bahkan Angkasa Pura II berpeluang menaikkan tarif PSC hampir dua kali lipat.

Direktur Keuangan Angkasa Pura II Andra Y. Agussalam mengatakan, kenaikan tarif PSC di Bandara Soekarno-Hatta dinilai wajar karena sudah enam tahun tidak mengalami kenaikan. Selain itu, kenaikan juga pantas karena sudah terjadi peningkatkan fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta. Rencananya Angkasa Pura II akan menaikkan tarif PSC di Bandara Soekarno-Hatta menjadi Rp 75.000 per penumpang. “Dari tahun 2009 PSC tidak pernah naik-naik. Untuk penumpang domestik di Bandara Kuala Namu saja sudah dikenakan Rp 75.000, rencananya kami juga akan naikkan di angka segitu dari harga pungutan domestik saat ini sebesar Rp 40.000,” jelas Andra.

Meskipun demikian, kata Andra, Angkasa Pura II akan menarik tarif PSC yang berbeda antar terminal di Bandara Soekarno-Hatta, tergantung dari fasilitas-fasilitas yang ada di terminal tersebut. Saat ini Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga terminal, yaitu, Terminal 1 yang khusus melayani penerbangan domestik serta Terminal 2 dan Terminal 3 yang melayani penerbangan domestik dan internasional sekaligus. “Kami sesuaikan juga pungutannya dengan kualias fasilitas terminalnya dan juga jumlah trafik per hari,” kata dia.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply