Tahun Depan AirAsia Mulai Terima Kedatangan Airbus A320neo



Maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Malaysia, AirAsia, memastikan bahwa perusahaan akan mulai menerima pesawat baru yang hemat bahan bakar, Airbus A320neo (new engine option), mulai tahun depan. Chief Executive Officer AirAsia Aireen Omar mengatakan, pengiriman pesawat Airbus A320neo akan dilakukan pada periode 2016-2026.

Menurut Aireen, AirAsia tidak akan menggunakan pesawat yang usianya terlalu tua. Usia pesawat yang tua lebih boros bahan bakar dan memiliki biaya perawatan lebih tinggi. “Kami hanya ingin memastikan bahwa kami tidak akan menggunakan pesawat yang terlalu tua, yang akan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Kami selalu ingin mempertahankan usia pesawat kami tetap muda,” ujar dia.

Selain lebih efisien, pesawat baru Airbus A320neo milik AirAsia akan memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan pesawat Airbus A320ceo (current engine option) yang kini dioperasikan. Jika pada pesawat Airbus A320ceo diisi dengan 180 kursi, maka pesawat Airbus A320neo nantinya akan memiliki kapasitas 186 kursi dalam satu kelas. Pesawat Airbus A320neo pesanan AirAsia Group akan dibagikan kepada seluruh afiliasi yang fokus melayani penerbangan jarak pendek, di antaranya Malaysia AirAsia, Thai AirAsia, Indonesia AirAsia, Philippines AirAsia, AirAsia India, dan AirAsia Japan.

Foto: Airbus

Be the first to comment

Leave a Reply