Susi Air Terbangi Kembali Rute Muara Teweh-Palangkaraya Mulai 6 November



Terhitung mulai 6 November 2015, maskapai penerbangan perintis Susi Air akan kembali melayani rute penerbangan yang menghubungkan antara Muara Teweh dan Palangkaraya. Langkah itu diambil lantaran mulai berkurangnya intensitas kabut asap di wilayah Kalimantan Tengah.

Seperti diketahui, penerbangan Susi Air dari Muara Teweh ke Palangkaraya dan sebaliknya dihentikan sejak dua bulan terakhir akibat bencana kabut asap. “Penerbangan Susi Air Muara Teweh-Palangkaraya kembali beroperasi pada Jumat (6/11/2015) setelah kabut asap berkurang dan cuaca terang di daerah ini,” kata salah seorang petugas Bandara Beringin Muara Teweh Akhmad Sidik.

Penerbangan Susi Air dari Muara Teweh ke Palangkaraya mendapatkan subsidi dari pemerintah melalui Kementerian Perhubungan. Subsidi ini membuat harga tiket penerbangan antara kedua kota menjadi cukup terjangkau, hanya Rp 273.300 untuk penumpang dewasa dan Rp 32.730 untuk tiket bayi. Penerbangan itu sendiri dioperasikan sebanyak tiga kali dalam sepekan.

Menurut Sidik, hingga akhir tahun nanti Susi Air masih memiliki tanggungan untuk mengoperasikan 22 penerbangan subsidi antara Muara Teweh dan Palangkaraya. “Susi Air masih tersisa penerbangan subsidi sekitar 22 kali lagi dalam tahun 2015 ini dari Muara Teweh ke Palangkaraya pulang pergi,” ujarnya.

Selain melayani penerbangan subsidi Muara Teweh-Palangkaraya, Susi Air juga mengoperasikan penerbangan dari Muara Teweh ke Balikpapan dan Banjarmasin. Namun penerbangan itu tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga harg tiketnya mencapai lebih dari Rp 1 juta.

Foto: Wikimedia 

Be the first to comment

Leave a Reply