Susi Air Hentikan Penerbangan Waingapu-Labuhan Bajo-Bima



Maskapai penerbangan Susi Air telah menghentikan rute penerbangan perintis Waingapu-Labuhan Bajo-Bima. Penghentian penerbangan terpaksa dilakukan karena dana subsidi yang dialokasikan oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah habis sebelum akhir tahun.

Terkait dengan penghentian rute penerbangan yang dioperasikan oleh Susi Air ini diungkapkan Kepala Bandara Komodo Labuhan Bajo Fuadani. “Susi Air tidak lagi melayani Bandara Komodo sejak tiga minggu lalu karena uang subsidi dari pemerintah sudah habis,” ujarnya.

Menurut Fuadani, sebenarnya dana subsidi penerbangan perintis dari pemerintah dialokasikan untuk satu tahun. Namun, dana itu sudah habis sebelum waktunya karena frekuensi penerbangan yang dioperasikan lebih tinggi daripada yang sudah dianggarkan. “Misalnya diatur bahwa uang subsidi disiapkan untuk sekali terbang dalam seminggu, tetapi karena penumpang banyak maka pesawat itu terbang dua kali seminggu. Dengan begitu, anggaran subsidinya pasti cepat habis,” ungkap Fuadani.

Foto: Istimewa 

Be the first to comment

Leave a Reply