Surabaya KulineRUN Sosialisasikan Asian Games 2018



Dirut PT Hotel Indonesia Natour Iswandi Said (kanan) dan Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Made Suprateka memberikan keterangan pers tentang Surabaya KulineRUN.

Asian Games 2018 yang akan digelar di Indonesia mulai 18 Agustus terus disosialisasikan pada masyarakat. Berbagai pihak turut mendukung sosialisasi tersebut, termasuk PT Hotel Indonesia Natour/HIN (Persero) lewat Surabaya KulineRUN pada 13 Mei 2018.

Direktur Utama PT HIN Iswandi Said mengatakan, Surabaya KulineRUN dimanfaatkan untuk mendukung sosialisas Asian Games 2018. “Kami secara khusus menempatkan logo ‘Asian Games 2018’ di jersey seluruh peserta Surabaya KulineRUN. Event Asian Games 2018 pun dapat lebih tersosialisasi dan ‘demam’-nya juga akan lebih terasa,” ujarnya di Jakarta, Rabu (9/5/2018).

KulineRUN merupakan salah satu realisasi komitmen HIN dalam mendukung pengembangan industri kepariwisataan nasional. Kegiatan ini memadukan olah raga lari dan wisata kuliner atau olah rasa. Olah raga lari itu berupa lomba dengan jarak 2,5 km, 5 km, dan 10 km. Sementara olah rasa adalah mengenal kekayaan dan keragaman kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya sudah dilaksanakan aktivitas serupa di berbagai daerah, yakni Padang KulineRUN pada September 2017, Malioboro KulineRUN di Yogyakarta pada November 2017, dan Medan KulineRUN pada Maret 2018. Setelah Surabaya KulineRUN, selanjutnya akan dilaksanakan KulineRUN di Sanur, Bali.

Pada Surabaya KulineRUN, sekitar 1.500 peserta lomba lari dari dalam dan luar negeri akan memulainya (start) di depan hotel Grand Inna Tunjungan, Surabaya, dan berlari menyusuri rute jalan utama dalam kota (city run). Sambil berlari, para peserta dapat menikmati objek bersejarah dan daya tarik wisata, seperti Monumen Bamboe Runcing, sebelum menyelesaikannya (finish) di tempat start tadi. Selanjutnya, para peserta dapat menikmati berbagai hidangan khas Jawa Timur, termasuk bazar kuliner yang akan disajikan oleh para usaha kecil dan menengah (UKM) lokal.

Surabaya KulineRUN mendapat dukungan penuh dari Kementerian BUMN, Walikota Surabaya, serta berbagai institusi dan kalangan industri lainnya. Iswandi memang menyampaikan, pelaksanaan seri KulineRUN di berbagai kota tidak terlepas dari semangat “BUMN Hadir untuk Negeri”. Melalui penyelenggaraannya, diharapkan akan memberikan kontribusi meningkatkan kedatangan wisatawan dalam negeri dan luar negeri.

Pelaksanaan Surabaya KulineRUN pun didukung oleh PLN. Menurut Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN Made Suprateka, PLN merasa terpanggil untuk berperan serta mendukung kegiatan pengembangan kepariwisataan di Jawa Timur, khususnya di Surabaya, sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. BUMN lain yang juga bersinergi dalam Surabaya KulineRUN adalah PT Telkom Indonesia, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, PT Garuda Indonesia, PT Pelindo 3, PJT1, dan RNI.

Be the first to comment

Leave a Reply