Sudah Tidak Sepaham, Lion Air Keluar dari Anggota INACA



Maskapai penerbangan Lion Air dipastikan keluar dari keanggotaan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA). Hal itu diungkapkan oleh Ketua INACA yang juga Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo. “Iya benar (Lion Air keluar dari INACA,” ujar Arif.

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait pun memastikan bahwa Lion Air keluar sebagai anggota INACA. Alasannya, Lion Air sudah tidak memiliki kesepahaman dengan kebijakan-kebijakan yang diambil oleh INACA. “Karena ada ketidaksepahaman dengan INACA, maka kami menyatakan mundur sementara. Suratnya sudah diberikan kepada INACA beberapa hari yang lalu,” kata dia.

Meskipun demikian, Edward tidak menjelaskan masalah apa yang membuat adanya ketidaksepahaman antara Lion Air dan INACA. Rumor yang beredar mengatakan bahwa penyebab retaknya hubungan antara Lion Air dan INACA adalah karena INACA menyetujui adanya tarif batas bawah yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan para anggota, termasuk Lion Air. “Saya tidak mau bicara soal bisnis Lion Air, yang jelas kita sudah kurang cocok,” katanya.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply