STPI Curug Sediakan Pelatihan Rating 737NG dan A320



Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug terus berbenah sejak ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) sejak akhir 2015 lalu. Jauh sebelum ditetapkan sebagai BLU, STPI telah didukung sarana prasaran terkini untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di lingkungan STPI diantaranya adalah Flight Simulator. Flight Simulator Training Division STPI mengantongi approval TC-142D-15 sebagai pengesahan melaksanakan pelatihan Multicrew Cooperation, Initial Type Rating Boeing 737 NG, Initial Rating Airbus 320, differences to B 737 NG, Recurrent B 737 NG dan Recurrent A 320.

Peralatan yang digunakan untuk menunjang pelatihan adalah Computer Based Training (CBT) kapasitas 60 student per class yang dapat diakses secara online, Integrated Procedure Training (IPT) B 737 NG & A 320, Flight Training Device (FTD)/ Fix Base Simulator Trainer B 737 NG & A 320, Full Flight Training Devices (FFTD) B 737 NG & A 320. Seluruh peralatan dalam kondisi prima dan memiliki approval dari DKPPU Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI serta iniial Approval dari EASA.

Ahmad Kosasih, Kepala Divisi Pengembangan Usaha STPI Curug mengatakan sejak BLU dilaksanakan secara penuh di STPI, terbuka peluang kerjasama pemanfaatan fasilitas simulator dengan pihak luar dan sudah ada beberapa kerjasama penggunaan alat maupun paket pelatihan dengan pihak luar diantaranya dua maskapai nasional yaitu Sriwijaya Air dan Batik Air serta menyusul kerjasama dengan pihak Thailand yang penandatanganan kerjasamanya dilaksanakan dihadapan Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan kepala BPSDM Satrio Wahju Utomo bertepatan dengan wisuda terpadu di STPI beberapa waktu lalu. Diharapkan akan semakin banyak kerjasama penggunaan peralatan Flight Simulator untuk dapat mengisi kebutuhan pelatihan Pilot dengan rating B 737 NG & A 320.

Foto: Joe Roland S Bokau