Sriwijaya Air Terus Ajukan Penerbangan Makassar-Yogyakarta di Pagi Hari



Lantaran potensi pasarnya cukup besar, maskapai Sriwijaya Air terus mencoba mengajukan jadwal penerbangan langsung Makassar-Yogyakarta pulang pergi (PP) di pagi hari.

Seperti diungkapkan Distrik Manager Sriwijaya Air Makassar, Sri Budianto, untuk rute Makassar-Yogyakarta sudah diterbangi pihaknya pada sehari sekali pada malam hari.  Permintaan untuk penerbangan ini cukup bagus karena sebelumnya pasar untuk wilayah ini cukup bagus meskipun sebelumnya rute ini dilayani melalui transit di Surabaya.

“Makassar merupakan pasar bagus karena kota ini merupakan tumpuan di Indonesia wilayah Timur. Demand lumayan bagus dari timur ke Jawa khusus Yogyakarta. Makassar memang menjadi incaran sebab pasar potensial sebagai pantulan menuju ke Papua” ujarnya.

Mengingat mobilitas cukup tinggi baik penduduk asli ataupun para pendatang yang melakukan aktivitas di wilayah tersebut, pasar Papua sangat besar permintaannya selama ini. Dalam beberapa tahun terakhir, Papua kini juga menjadi wilayah yang mulai berkembang.

Pihaknya memang telah lama mengincar pasar Makassar-Yogyakarta. Bahkan sudah beberapa tahun lalu pihaknya mengajukan izin ke Otoritas Bandara Adisutjipto. Hanya saja, izin tersebut baru mereka dapatkan awal November 2016. Ia memaklumi hal tersebut mengingat Bandara Adisutjipto tergolong bandara yang padat.

Dari penerbangan yang telah mereka lakukan selama beberapa pekan, rata-rata load factor atau tingkat keterisian dari pesawat mereka cukup bagus. Ia menyebutkan, tingkat keterisian dari Makassar ke Yogyakarta rata-rata sebesar 90%. Sementara rute sebaliknya yaitu dari Yogyakarta ke Makassar justru lebih tinggi lagi karena mencapai di atas 80%.

“Kami sudah mengajukan penerbangan pagi. tetapi masih menunggu izin dari Lanud Adisutjipto,” ungkapnya.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com