Sriwijaya Air Berencana Bangun Fasilitas MRO di Batam



Foto: Joe Roland S. Bokau

Maskapai Sriwijaya Air disebut tengah berencana membangun Maintenance, Repair and Overhaul (MRO) atau Penyedia Layanan Pemeliharaan dan Perbaikan pesawat terbang di Bandara Internasional Hang Nadim.

Direktur Sriwijaya Air Teknik Sriwijaya Air mengungkapkan hal tersebut kala berkunjung ke Kantor BP Batam. “Dalam waktu dekat ada tim kembali untuk memastikan lokasi yang akan digunakan,” kata General Manager Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim Batam, Suwarso.

Untuk pembangunan ini, Sriwijaya akan membutuhkan lahan seluas lima hektare sebagai tahap awal, guna membangun sejumlah fasilitas perbaikan pesawat terbang yang dimilikinya. Sriwijaya memiliki dua pilihan lahan untuk membangun MRO. “Bisa jadi sekitar pembangunan MRO Lion Air di sisi kiri bandara atau di kanan dekat dengan PT Pertamina,” ujarnya.

Suwarso menambahkan, di sekitar MRO yang kini dikembangkan oleh Lion Air, sudah ada lahan yang dialokasikan untuk pembangunan MRO Garuda Indonesia. Lion sendiri kini mengembangkan kawasan 12 hektare untuk MRO, workshop, mesin, untuk melayani kebutuhan pesawat-pesawat Lion Group dan maskapai lain baik dalam maupun luar negeri. “Kami berharap rencana Sriwijaya tersebut bisa segera terwujud meskipun pembicaraan belum sampai pada nilai investasi yang ditanamkan,” kata Suwarso.

Sebelumnya, beberapa kali perwakilan Sriwijaya Air juga menyampaikan keinginan membangun MRO di Bandara Internasional Hang Nadim. Namun, belum ada progres signifikan mengenai rencana tersebut hingga Direktur Utama datang dan menyampaikan pemaparan rencana pengembangan fasilitas MRO di Hang Nadim.

Lahan di Hang Nadim sangat luas, saat ini baru 45 persen yang dimanfaatkan. “Jadi masih banyak yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan berbagai fasilitas penunjang penerbangan,” katanya

Foto: Joe Roland S Bokau / Indoaviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply