Siswa-siswi SMP Dibekali Pengetahuan Navigasi Penerbangan



Siswa-siswi SMP Negeri 3 Pati antusias menyimak paparan yang disampaikan Direktur Personalia dan Umum AirNav Indonesia Rahadi Sulistyo dalam kegiatan AirNav Indonesia Mengajar. Foto: AirNav Indonesia

Ratusan siswa-siswi SMP Negeri 3 Pati, Jawa Tengah, memadati aula sekolah. Ada apa? Rupanya ada kegiatan tak biasa yang diselenggarakan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penebangan Indonesia (Perum LPPNPI) dalam program AirNav Indonesia Mengajar.

Direktur Personalia dan Umum AirNav Indonesia Rahadi Sulistyo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program BUMN Hadir untuk Negeri. Dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke oleh sedikitnya 114 BUMN di seluruh Indonesia, salah satunya AirNav Indonesia.

“Kegiatan ini untuk mengenalkan BUMN kepada generasi muda, serta peran dan kontribusinya terhadap pembangunan negara,” ujar Rahadi, yang juga alumni sekolah tersebut, di Pati, Sabtu(17/3/2018).

Antusiasme tampak pada wajah-wajah siswa-siswi tersebut ketika mendengar pengalaman Rahadi yang awalnya berkarier di PT Kereta Api Indonesia (KAI) sampai menjadi salah satu direksi di AirNav Indonesia. “Kalian pasti mampu, bahkan bisa melebihi saya dan kakak-kakak kelas yang lain,” katanya. Dia juga menawarkan kesempatan bekerja di AirNav Indonesia, sebagai ATC atau teknisi peralatan navigasi. “Modalnya keinginan dan semangat belajar yang tinggi.”

Rahadi pun menjelaskan, AirNav Indonesia merupakan penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan di ruang udara Indonesia dengan 285 kantor cabang. “Tahun 2017, AirNav Indonesia mengelola 2,2 juta pergerakan pesawat udara di seluruh wilayah Indonesia. Ini jumlah pergerakan tertinggi di Asia Tenggara,” ucapnya.

Bukan cuma memberi pengetahuan, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan kualitas fasilitas sarana dan prasarana pendidikan. Dilakukan penataan taman sekolah, pembangunan green house, serta perbaikan lapangan olah raga dan aula serbaguna. Kegiatan ini melibatkan pula Ikatan Alumni SMPN 3 Pati tahun 1981. Di samping itu, AirNav Indonesia juga menyalurkan beasiswa pendidikan bagi 20 siswa-siswi dari keluarga yang kurang mampu.

Kepala Sekolah SMPN 3 Pati, Winarto mengatakan, ”Kami bersyukur atas bantuan tersebut karena saat ini anggaran untuk mengembangkan dan meningkatkan fasilitas sekolah terbatas. Program ini semoga menjadi inspirasi bagi kami para pendidik untuk lebih bersemangat dalam mengajar serta memotivasi para siswa dalam menghadapi masa depan.” Begitu pula Ketua Ikatan Alumni SMPN 3 Pati tahun 1981, Sudarsono Jayadi, yang menyebut bahwa dukungan AirNav Indonesia akan memberikan dampak dan manfaat yang luar biasa bagi sekolah tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply