Seperti Ini Cara Lion Air Lakukan Tes Narkoba pada Kru Penerbangan



Tiga orang kru maskapai penerbangan Lion Air tertangkap oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten sedang menggelar pesta narkoba di sebuah apartemen di wilayah Tangerang, Banten. Mereka akhirnya dipecat oleh perusahaan dan harus menanggung perbuatan mereka sendiri lantaran Lion Air enggan memberikan bantuan hukum.

Salah satu perusahaan penerbangan terbesar di Indonesia itu mengaku sudah melakukan pengecekan narkoba secara rutin terhadap krunya, namun masih ada saja oknum yang membandel menggunakan barang haram tersebut. “Kita ada pengecekan tes urine secara random. Jadi memang tidak terjadwal supaya mereka tidak siap-siap, dilakukannya dadakan,” ungkap Public Relations Manager Lion Air Andy M. Saladin.

Andy memberikan contoh, misalnya ada 100 penerbangan dalam sehari, bisa saja sekitar 10 penerbangan yang menjalani tes urine. Itu pun dipilih secara acak untuk memberikan efek surprise. “Kita periksa tapi tidak kita tentukan flight yang mana. Tergantung pemeriksanya saja. Jadi betul-betul tidak terjadwal,” tuturnya.

Meskipun demikian, Andy tidak tahu secara pasti kenapa masih ada saja kru penerbangan pengguna narkoba yang lolos dari pemeriksaan. Ketatnya pemeriksaan sekaligus sanksi berat yang mengancam kru tidak membuat oknum-oknum meninggalkan barang haram itu.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Be the first to comment

Leave a Reply