Sepanjang 2017, Citilink Targetkan Angkut 14,7 Juta Penumpang



Sepanjang 2017, PT Citilink Indonesia menargetkan mengangkut sekitar 14,7 juta penumpang. Untuk mengejar target bisnis tahun ini, jumlah armada pesawat dan rute yang banyak menjadi kekuatan anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk itu.

Tak hanya mengandalkan armada pesawat yang ada, Citilink berencana mendatangkan lima unit pesawat jenis Airbus pada tahun ini, sehingga armada Citilink akan menjadi 52 pesawat. Mengenai jumlah anggarannya, Citilink tak menyebutkan.

Karena ini masuknya financial list jadi langsung masuk ke biaya sewa dan kami tidak bisa sebut rahasia dapur,” ujar Arif Wibowo, Chief Executive Officer PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dilansir Kontan.

Sepanjang tahun 2016, Citilink mengangkut 11,4 juta penumpang sehingga target tahun 2017 setara dengan pertumbuhan 28,95%. Selain mengejar pertumbuhan jumlah penumpang, Citilink juga ingin available seat kilometres(ASK) tahun ini tumbuh 32,8% ketimbang 2016.

ASK merupakan hasil perkalian dari jumlah kursi dengan jarak. ASK bisa digunakan untuk mengetahui biaya untuk satu penumpang setiap kilometer.

Manajemen Citilink menyatakan bahwa tak mudah memenuhi target tadi karena selain menghadapi ketatnya persaingan bisnis penerbangan, dugaan pilot mabuk turut memberatkan langkahnya.

Tak heran kalau safety culture atau budaya keselamatan menjadi fokus utama perbaikan bisnis Citilink tahun 2017. Mereka yakin, bisa mengembalikan citra perusahaan yang tercoreng akibat kasus dugaan pilot mabuk. “Secara normal bisnis Citilink kan konsisten, kami lagi pembenahan, isu safetyterus kami perbaiki,” ungkap Arif.

Foto: Joe Roland S Bokau / Indo-Aviation.com