Sembilan Sekolah Dasar Ikuti Acara Duta Aviasi Anak Indonesia



Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menggelar acara “Duta Aviasi Anak Indonesia”. Tujuannya adalah agar adanya penanaman budaya keselamatan bertransportasi, khususnya transportasi udara pada masyarakat sejak dini yang dimulai dari anak-anak. Penanaman budaya keselamatan ditujukan pada anak anak akan selalu tertanam budaya keselamatan bertransportasi hingga dewasa.

Terdapat sembilan sekolah dasar di sekitar Jakarta yang diikutkan pada acara Duta Aviasi Anak Indonesia yang sebelumnya telah digelar sosialisasi di sembilan sekolah ini. Kesembilan sekolah dasar tersebut yaitu SDN Cililitan 01, SDN Batu Ampar 13 Pagi, SDN Menteng 02 Pagi, SDN Menteng Dalam 01 Pagi, SDN Menteng Dalam 02 Pagi, SDN Benda Tangerang, SDN Pegadungan 07, SDN Kedaung Wetan Baru, dan SDN Neglasari 4.

Sosialisasi yang dilakukan berupa pemasangan poster di sekolah, serta memberikan edukasi kepada para guru dan murid tentang transportasi udara. Para murid dipersilahkan menuangkan imajinasi mereka dalam perlombaan menggambar tentang keselamatan, keamanan dan kenyamanan transportasi udara.

“Selanjutnya 50 gambar terbaik dinyatakan sebagai pemenang dan berhak mendapatkan sertifikat sebagai Duta Aviasi Anak Indonesia. Para pemenang tersebut dengan didampingi para guru, pada hari ini diajak mengunjungi Kantor PT. Angkasa Pura II dan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara, Agoes Soebagio dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (9/5).

Selanjutnya, di kantor PT. Angkasa Pura II, dilakukan penyelempangan dan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada sembilan perwakilan Duta Aviasi dari sembilan sekolah oleh Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso. Juga dilakukan penyematan PIN Duta Aviasi oleh Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandar Udara PT. Angkasa Pura II Ituk Herarindri dan Direktur Utama Garuda, Pahala N Mansury.

Selanjutnya para Duta Aviasi Anak Indonesia tersebut mendapatkan pengenalan profesi pramugari dan pilot oleh kru Garuda Indonesia, serta penjelasan simulasi penerbangan oleh pramugari Garuda Indonesia.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan, para Duta Aviasi Anak Indonesia tersebut kemudian dibawa menuju Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang untuk melakukan simulasi proses penerbangan dari kedatangan di bandara hingga masuk ke dalam pesawat.

Kepada anak-anak Duta Aviasi Indonesia tersebut, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso berpesan agar lebih rajin belajar dan mematuhi nasehat ayah/ ibu dan juga bapak/ibu guru. Sedangkan untuk bapak/ ibu guru pendamping dari sekolah, Agus mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesediaannya untuk mengikuti kegiatan ini.

Foto: Fikri Izzudin Noor / IndoAviation.co.id

Be the first to comment

Leave a Reply