Sejumlah Bandara Akan Berbentuk Badan Layanan Umum



Sejumlah bandar udara di bawah pengelolaan Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan menjadi bandara berbentuk BLU (badan layanan umum).

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Agus Santoso, sejumlah bandar udara ini pengelolaannya akan bekerjasama dengan Angkasa Pura I maupun Angkasa Pura II dengan bentuk kerjasama operasi (KSO).

“Jadi yang akan kita kerjasamakan nanti adalah kerjasama operasi. Karena Ditjen Perhubungan Udara sudah mempunyai lembaga BLU yang ada di Sentani. Oleh karena itu, bentuk kerjasamanya adalah kerjasama operasi,” ujar Agus di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (8/3).

“Kerjasamanya kita perlu penyertaan aset negara, proses di DPR dan sebagainya. Karena ini urusan business to business, jadi masing-masing punya identitas kekayaan tapi yang mengoperasikannya, kerjasama dan sebagainya, perjanjiannya dalam bentuk kerjasama operasi,” tambah Agus.

Menurut Agus, ada dua bandara yang sudah menjadi bandara BLU, yaitu Bandara Sentani di Jayapura dan Bandara Radin Inten II di Bandar Lampung. “Masing-masing sekarang sudah berbentuk BLU,” ujar Agus

Agus juga mengatakan, pendapatan dari kerjasama operasi ini dapat digunakan kepada rencana bisnis bandara yang berbentuk BLU. “Dari pendapatannya itu bisa langsung dia gunakan kepada rencana bisnis, salah satunya bekerjasama dengan Angkasa Pura I dan rencana bisnis itu bekerjasama dengan Angkasa Pura II. Ini menjadi escape daripada kerjasama KSO antara BLU dari UPT Ditjen Perhubungan Udara dan Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II,” tutup Agus.

Foto: Istimewa

Be the first to comment

Leave a Reply