Sebagian Saham China Southern Bakal Dijual ke American Airlines



Sebagian saham maskapai penerbangan China Southern kabarnya bakal dijual kepada maskapai penerbangan AS, American Airlines. Andai aksi korporasi terwujud, maka ini adalah kelanjutan kepemilikan saham oleh maskapai penerbangan AS atas maskapai BUMN China.

Peningkatan rute penerbangan antara dua pasar perjalanan terbesar dunia juga akan terdorong dengan aksi korporasi tersebut. Adapun pembelian saham maskapai China oleh maskapai penerbangan AS bukan pertama kalinya terjadi.

Reuters melansir,  maskapai penerbangan AS Delta Air Lines Inc pada 2015 membeli 3,55 persen kepemilikan saham China Eastern Airlines Corp. Nilai transaksinya mencapai 450 juta dollar AS. China Southern adalah maskapai penerbangan terbesar di China dalam hal jumlah penumpang.

Aksi korporasi itu dapat membuka potensi penerbitan saham baru maupun bentuk kerja sama lainnya, namun masih harus memperoleh izin dari pemegang saham dan pemerintah China.

Selain itu, aksi korporasi ini pun sejalan dengan upaya pemerintah China dalam mengimplementasikan reformasi kepemilikan atas maskapai penerbangan. Di samping itu, pemerintah juga mendorong permodalan swasta dan investasi strategis untuk masuk ke BUMN guna memperbaiki efisiensi dan daya saing.

“Kerja sama kepemilikan saham adalah cara terbaik bagi kedua perusahaan untuk menawarkan lebih banyak penerbangan ke luar negeri bagi konsumen, karena kurangnya slot baru,” ujar Geoffrey Cheng, analis dari BOCOM International.

Bagi American Airlines, pembelian saham China Southern dapat memperluas akses ke China, salah satu sumber terbesar wisatawan ke AS. Selain itu, aksi korporasi ini juga dapat membantu mendukung persaingan dengan Delta, yang telah berinvestasi di maskapai penerbangan asing, seperti di Meksiko, Brasil, dan Inggris dalam beberapa tahun terakhir

Foto: Yahoo Finance

Be the first to comment

Leave a Reply