Scoot Incar Pasar Palembang



Scoot segera terbang ke Palembang. Foto: Dok. Scoot.

Palembang di Sumatera Selatan menjadi incaran Scoot untuk mengembangkan rute-rute penerbangannya, setelah Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Sekarang ini penjualan tiket untuk rute Palembang-Singapura sudah ditawarkan dan akan terbang perdana pada 23 November 2017.

“Scoot akan menerbangi rute Palembang-Singapura dengan frekuensi penerbangan empat kali menggunakan pesawat Airbus A320,” ujar Vinod Kannan, Chief Commercial Officer Scoot di Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.

Scoot yang merupakan maskapai berbiaya murah milik Singapore Airlines Group sejak Juli 2017 bergabung dengan Tigerair Singapura. Scoot dipilih sebagai merek maskapai gabungan itu karena, kata Vinod, lebih dinamis dan berkesan muda. “Scoot juga berarti bergerak atau berlari cepat. Ini yang ingin kami lakukan,” ungkapnya.

Kalau nama dipilih Scoot, tapi nomor penerbangan menggunakan nomor Tigerair (TR). Semua rute Tigerair pun dioperasikan Scoot, sehingga Scoot kini melayani penerbangan ke lebih banyak tujuan di Asia Pasifik dan sekitarnya melalui Singapura. Saat ini ada 60 destinasi di 17 negara yang diterbanginya, antara lain, Arab Saudi, Australia, Tiongkok, India, Yunani, juga Amerika Serikat. “Pada Maret 2018, destinasi penerbangan kami akan bertambah menjadi 64 destinasi,” tambah Vinod.

Jumlah pesawat terbang pun akan bertambah dari armada Scoot yang sekarang. Saat ini Scoot mengoperasikan 15 Boeing 787 Dreamliner dan 23 Airbus A320 — armada Airbus sebelumnya dioperasikan Tigerair. Tambahannya, lima Boeing 787 Dreamliner, tiga di antaranya sudah diterima pada April, Mei, dan Agustus, sedangkan dua lagi akan datang Desember 2017. Tambahan lainnya adalah pesawat Airbus A320neo, yang masih dalam pemesanan.

Palembang, kata Vinod, merupakan destinasi dengan potensi pasar yang besar. Namun bukan hanya Palembang, Medan pun sudah menjadi wacana untuk diterbanginya. Bahkan Siborong-borong dengan Bandara Silangit yang pada akhir Oktober ini akan diresmikan menjadi bandara Internasional, bisa jadi alternatif untuk diterbanginya dan membawa wisatawan ke Danau Toba.

Pembukaan destinasi Palembang diiringi promosi tiket penerbangannya. Bukan hanya tiket untuk tujuan Singapura sebagai hub Scoot, tapi juga ke 14 destinasi lainnya, seperti Bangkok, Hong Kong, Melbourne, bahkan Jeddah. Scoot memang menawarkan penerbangan umroh dari Palembang ke Jeddah via Singapura dengan Boeing 787 Dreamliner.

“Penerbangan Scoot ke Jeddah dengan 787 Dreamliner mengubah pandangan terhadap penerbangan bertarif rendah dengan kabin yang luas dan nyaman,” tutur Vinod. Kabin Dreamliner memang dirancang dengan tingkat kelembapan yang lebih tinggi, bagasi di bagian atas kursi yang lebih besar, dan jendela dimmable yang lebih lebar.

Di samping pembukaan rute baru Palembang-Singapura empat kali seminggu, frekuensi penerbangan ke Denpasar dan Surabaya juga bertambah mulai 23 November 2017. Rute Denpasar-Singapura menjadi tiga kali sehari atau 21 kali seminggu dan Surabaya-Singapura menjadi tujuh kali seminggu. Sementara itu, rute Jakarta-Singapura tetap 21 kali seminggu. Dengan demikian, Scoot akan meningkatkan frekuensinya ke Indonesia menjadi 53 penerbangan pulang pergi setiap minggu.

Be the first to comment

Leave a Reply